Logo WARTAEKONOMI

Terima Pendanaan Seri A, Shipper Akan Perluas Jangkauan Mitra Pengiriman

Terima Pendanaan Seri A, Shipper Akan Perluas Jangkauan Mitra Pengiriman. (FOTO: Shipper)
Terima Pendanaan Seri A, Shipper Akan Perluas Jangkauan Mitra Pengiriman. (FOTO: Shipper)
Sumber :
  • wartaekonomi

Shipper, platform logistik berbasis teknologi asal Indonesia, memperoleh dana Seri A berasal dari beberapa investor yang dipimpin oleh Prosus Ventures-sebelumnya dikenal dengan nama Naspers Ventures, untuk dapat mengembangkan dan memperluas jangkauan bisnis di Indonesia. Beberapa investor lainnya termasuk Lightspeed, Floodgate Y, Combinator, Insignia Ventures, dan AC Ventures turut serta dalam pendanaan ini.

Shipper adalah platform logistik berbasis teknologi dalam menawarkan solusi layanan one stop service, mulai dari platform pengiriman multikurir hingga distribusi jaringan jasa pergudangan & pemenuhan. Shipper menawarkan lebih dari 30 lokasi untuk dipilih dan berencana untuk memperluas jangkauannya ke kota-kota lain dan wilayah baru di Indonesia guna mengakomodasi kebutuhan konsumen.

Paxel dan Go-Jek Luncurkan Luncurkan Layanan Instan Jadetabek-Bandung Hanya Rp20.000

Shipper juga telah bekerja dengan lebih dari 100 kurir ekspres untuk memberikan layanan efisien. Biaya pengiriman yang kompetitif dan data yang transparan sehingga para pemilik bisnis e-commerce dapat memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada pengembangan bisnis mereka.

Berdasarkan Indonesia Logistics and Warehousing Market by Sector (Freight Forwarding, Warehousing, VAS by Domestic and International Services-Outlook to 2021), pasar logistik Indonesia diproyeksikan akan mencapai US$240 miliar pada 2021. Angka ini hampir sama dengan estimasi pasar logistik di India sebesar US$215 miliar di 2020.

Akan tetapi, terlepas dari ukurannya, pasar logistik di Indonesia masih tergolong sangat tidak efisien. Di kota tier 2 dan tier 3, biaya pengiriman seringkali bertambah hingga 40% dari total transaksi di e-commerce sehingga menjadi penghalang utama bagi masyarakat di kota-kota tersebut untuk mengadopsi e-commerce secara massal.

Shipper sendiri hadir sebagai solusi atas tiga masalah utama aspek logistik di Indonesia: mulai dari pemilihan jasa pengiriman & pergudangan yang rumit, kurangnya transparansi harga, dan kemampuan pelacakan rute yang masih di bawah rata-rata. Dengan investasi ini, Shipper akan terus berkembang dan terus mencari talenta lokal berkualitas untuk bergabung dan membangun data yang kuat melalui teknologi untuk menyusun pemenuhan kebutuhan logistik dan pengiriman yang belum terstruktur dengan baik.