Tour de Indonesia 2018, Ini Catatan Ketum ISSI

Para juara di Tour de Indonesia 2018
Sumber :
  • VIVA / Radhitya Andriansyah

VIVA – Tour de Indonesia 2018 akhirnya rampung digelar. Ajang balap sepeda skala internasional berlangsung sejak 24-28 Januari 2018. Dibagi dalam empat etape melewati delapan kota besar di Indonesia, Tour de Indonesia 2018 membangkitkan animo masyarakat yang luar biasa.

Daftar Juara Tour de Indonesia 2018

Selama empat hari gelaran, Tour de Indonesia 2018 menempuh jarak 615,9km, diikuti oleh 115 peserta dari 22 negara. Ratusan peserta terbagi dalam 15 tim, di mana empat tim berasal dari Indonesia, dan 11 tim internasional (kontinental).

Tak cuma itu, Tour de Indonesia 2018 kembali membangun an event ini setelah tujuh tahun vakum. Dengan klasifikasi 2.1, Tour de Indonesia 2018 jadi sejarah ajang tertinggi balap sepeda di Indonesia. 

Pembalap Thailand Kuasai Etape 4 Tour de Indonesia 2018

Menutup rangkaian acara, Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari, bak kehilangan kata-kata untuk mengucap rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang memberikan dukungan.

"Saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang menyukseskan Tour de Indonesia. Saya tidak tahu lagi bagaimana cara berterima kasih kepada semuanya yang sudah mengawal event ini. Akhirnya, ajang balap sepeda 2.1 bisa digelar di Indonesia," kata Okto dalam sambutannya.

Rahasia Kastrantas Taklukkan Etape 3 Tour de Indonesia

Namun demikian, Oktohari mengakui event ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, segala kekurangan di ajang kali ini dijanjikannya bakal jadi bahan evaluasi, jelang perhelatan ajang yang sama tahun depan.

Pria yang akrab disapa Okto ini juga cukup kaget dengan antusiasme masyarakat yang cukup tinggi, sepanjang etape, yang menyambut event.

"Ini hanya sebuah awal. Awal untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya. Karena, ini adalah event tertinggi dalam sejarah balap sepeda Indonesia. Saya tahu masih banyak tantangan dan kekurangan. Ini akan jadi bahan evaluasi kami ke depan," ujar Okto melanjutkan.

"Kami lihat dukungan masyarakat yang menyaksikan di pinggir jalan, mulai dari Jogja sampai ke Denpasar. Masyarakat dukungannya luar biasa sekali. Ini juga yang mendongkrak semangat para pembalap, yang tadinya sudah lemas jadi semangat lagi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya