Logo BBC

Pebulutangkis India PV Sindhu Berpenghasilan Rp2 Miliar per Minggu

PV Sindhu menjadi perempuan pertama dari India yang memenangkan medali perak pada Olimpiade di tahun 2016. - Getty Images
PV Sindhu menjadi perempuan pertama dari India yang memenangkan medali perak pada Olimpiade di tahun 2016. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Mungkin tidak mengherankan bila petenis putri, Serena Williams, memuncaki daftar atlet perempuan berpenghasilan tertinggi versi majalah yang dirilis awal pekan ini.

Namun, Anda mungkin belum mengenali nama atlet di posisi ketujuh.

Pusarla Venkata Sindhu, atau lebih dikenal dengan sebutan PV Sindhu, adalah pebulu tangkis berusia 23 tahun dan menjadi satu-satunya atlet India yang memenangkan medali perak di ajang bulutangkis Olimpiade Rio 2016.

Ia memperoleh uang senilai US$500.000 (atau Rp5 miliar) usai kemenangannya, namun para sponsor menambah US$8 juta (atau sekitar Rp117 miliar). Itu artinya penghasilan mingguannya mencapai US$163.000 (atau sekitar Rp2 miliar).

Jumlah ini lebih besar dari yang diterima Simona Halep, petenis nomor satu dunia WTA per 22 Agustus, dan unggulan teratas untuk AS Terbuka 2018.

Sindhu berasal dari latar belakang olahraga, kedua orang tuanya bermain voli di tingkat nasional.

Dia menggeluti bulu tangkis pada usia enam tahun ketika terinspirasi oleh Pullela Gopichand, yang memenangkan tunggal putra dalam kejuaraan bulu tangkis bergengsi All England di Inggris pada 2001.