Pembalap Australia Selangkah Lagi Kunci Gelar Juara Umum TDS

Jesse Ewart
Sumber :
  • Andri Mardiansyah (Padang)/ VIVA

VIVA – Usai menyelesaikan etape 8 dengan panjang lintasan 212.9 kilometer dari kota Sungai Penuh, Jambi menuju kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Sabtu 9 November 2019, pembalap berdarah Asutralia yang memperkuat Sapura Cycling Team (Malaysia)!atas nama Jesse Ewart, selangkah mengunci gelar juara umum event sport tourism Tour de Singkarak yang kesebelas untuk kategori Individual General Classification BY Time.

Royal Enfield Sewakan Motor untuk Berpetualang di Indonesia

Meski pada etape ini Jesse hanya mampu finish di urutan ketiga, namun posisi Jesse sebagai pemuncak klasemen sementara, kian kokoh. Total catatan waktu yang berhasil ia bukukan sejak etape 1 yakni, 31 jam 49 menit 18 detik. 

Sementara rekan setim Jesse yakni Cristian Raileanu yang pada etape sebelumnya hanya terpaut 6 detik, kian tertinggal. Selisih waktu Cristian, terpaut cukup jauh dari jesse yakni 1 menit 43 detik. Disusul Golakhour Mirsamad Pourseyedi dari Omidnia Marshhad Team dengan total waktu 31 jam 53 menit 21 detik.

Mimpi Jakarta LavAni Hattrick Juara Proliga

Podium juara umum bagi Jesse tinggal selangkah lagi. Jesse hanya perlu menjaga ritme balapan dan catatan waktu pada etape terakhir yang akan dihelat pada Minggu esok. Jika tetap konsisten, maka Jesse bakal mengukuhkan dirinya sebagai juara umum Tour de Singkarak 2019.

Selain berpeluang besar mengunci gelar juara umum, Jesse kembali membuktikan dirinya merupakan pembalap yang tercepat untuk ketegori Best Sprinter’s Classification dengan total 76 poin disusul Novardianto Jamalidin dengan 51 poin di urutan kedua dan Cristian Raileanu dengan 47 poin.

Target PBSI Bawa Indonesia Kembali Juara Piala Thomas

“Rute ini cukup menantang. Tapi indah. Saya tetap akan mempertahankan Yellow Jersey. Saya lega karena sudah Delapan etape yang dilewati,” kata Jesse Ewart, Sabtu 9 November 2019.

Tour de Indonesia 2018

Pada etape pemungkas ini, selain Jesse, pembalap Indonesia dari PGN Road Cycling Team atas nama Novardianto Jamalidin, berhasil memperbaiki rekor. Tampil konsisten sejak star pagi tadi, Novardianto berhasil finis terdepan dengan catatan waktu 5 jam 4 menit 46 detik. Disusul urutan kedua pembalap dari 7Eleven Cliqq-Air21 BY Roadbike Philippines dengan waktu yang sama dan Jesse Ewart di urutan ketiga dengan catatan waktu 5 jam 5 menit 56 detik.

Sementara untuk kategori Stage Team Classification, PGN Road Cycling Team masih kokoh di urutan pertama dengan total waktu 15 jam 17 menit 48 detik. Selisih 1 menit 22 detik dari KFC Cycling Team di urutan kedua dan Banyuwangi Road Cycling Community dengan selisih 1 menit 39 detik di urutan ketiga.

Dan untuk kategori Team general classification, berada di urutan pertama yakni Sapura Cycling Team dengan total waktu 95 jam 42 menit 41 detik. Selisih 3 menit 57 detik dari PGN Road Cycling Team di urutan ketiga dan, selisih 8 menit 50 detik dari Go For Gold Pilippines di urutan ketiga.

Sebelumnya, sebanyak 74 pembalap tersisa, Sabtu pagi tadi, menjajal lintasan pada etape 8 event sport tourism Tour de Singkarak. Memiliki panjang lintasan 212.9 kilometer, rute yang dimulai dari Kota Sungai Penuh, Jambi menuju Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat ini merupakan rute pamungkas bagi para pebalap. 

Dengan berakhirnya etape ini, itu artinya hanya menyisakan satu etape lagi yang mengambil rute Painan - Kota Padang. Sama dengan tahun kemarin, Kota Padang menjadi lokasi Grand Finish Tour de Singkarak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya