Indonesia Targetkan Juara Umum ASEAN Para Games 2020

Menpora semangati atlet difabel Indonesia
Sumber :
  • Vivanews/Fajar Sodiq

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali optimis atlet difabel Indonesia yang akan berlaga di ASEAN Para Games 2020 Filipina bakal mengulang kejayaan seperti ajang sebelumnya. Menpora menargetkan Indonesia untuk mempertahankan juara umum di edisi sebelumnya.

Menpora: Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games

"Kita optimistis bisa mempertahankan juara umum, yang lalu kita kan juara umum. Semangat yang saya lihat dari National Paralympic Committee (NPC), atlet dan pelatih itu kita optimis bisa kembali jadi juara umum, " kata Zainudin saat menemui para atlet dan pelatih NPC di Lorin Hotel Solo, Rabu, 20 November 2019

Guna menciptkan sinergitas untuk mencapai target itu, Zainudin melihat secara langsung persiapan yang dilakukan atlet difabel dalam pemusatan pelatihan di Solo. Dia juga ingin menyerap aspirasi yang diharapkan atlet ke pemerintah.

Solo jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022, Gibran Ketua Panpel

"Kita bersinergi dengan NPC, sehingga program yang akan kita rumuskan itu merupakan program bersama. Makanya kita ingin tahu apa yang diharapkan ke pemerintah agar kami tahu yang sedang dialami," imbuhnya.

Zainudin juga berbicara tentang bonus untuk atlet ASEAN Para Games. Dia berjanji memberikan bonus sesuai ketentuan, tapi ada permintaan kepada para atlet agar tidak menjadikannya sebagai tujuan utama.

Insiden Medali SEA Games 2019 Tak Terulang di ASEAN Para Games 2020

"Perhatian pemerintah tentu ada. Kita akan berikan sesuai aturan. Saya tidak mau lebih, tak mau kurang. Tapi saya minta, bonus itu bukan tujuan utama. Tujuan utama kita adalah mengharuskan nama bangsa," tutur Zainudin.

Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun menjelaskan pihaknya menargetkan mendapatkan lebih dari 100 medali emas. Seperti edisi sebelumnya, dia berharap jika perolehan emas melebihi target.

"Target kita 100 medali emasi, tapi saya yakin perolehannya melesat. Seperti yang kemarin, kita target 107 medali emas,  tapi kita dapat 126 emas," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya