Fernando Alonso Kampiun GP Jerman

Fernando Alonso di GP Bahrain
Sumber :
  • AP Photo/Ben Curtis

VIVAnews - Pembalap Ferrari, Fernando Alonso menutup seri F1 GP Jerman dengan menjadi jawara. Alonso mengungguli rekan setimnya, Felipe Massa.

Alhasil, duet pembalap Ferrari itu pun finis di posisi 1-2. Di belakangnya, menyusul pemilik pole position, Sebastian Vettel dari tim Red Bull.

Dengan hasil ini, Alonso memang masih berada di posisi 5 klasemen pembalap dengan 123 poin. Tapi, perolehan poin Alonso mulai mendekati Vettel di posisi 4 yang meraih 136 poin. Poin Vettel menyamai rekan setimnya, Mark Webber yang finis di posisi 6 di Jerman.

5 Fakta Mengerikan Timnas Indonesia Usai Singkirkan Korea Selatan di Piala Asia U-23

Posisi puncak masih diduduki pembalap McLaren Mercedes, Lewis Hamilton yang berada di posisi 4 GP Jerman dengan 157 poin.

Bagi kubu Ferrari, sukses duet pembalapnya ini juga mengembalikan Tim Kuda Jingkrak ke bursa juara dunia 2010.

Ferrari sementara berada di posisi 3 dengan 208 poin. Posisi puncak konstruktor masih diduduki McLaren dengan 300 poin.

Jalannya Balapan

Blunder dilakukan pemilik pole position, Sebastien Vettel dari Red Bull seusai start. Di tikungan 1 ke kanan, Vettel coba mengamankan jalur dengan mepet ke kanan. Tapi, Alonso yang berada di belakangnya juga melakukan hal serupa.

Kedua mobil Red Bull dan Ferrari nyaris bersenggolan. Vettel terlihat mengerem dan membiarkan Felipe Massa yang berada di sebelah kanan belakang yang menemnpati start 3 menyalip, juga Alonso.

Massa pun terus berada di depan. Ia disusul Alonso dan Vettel.

Pada lap 13, Vettel masuk pit selama 18 detik dan turun ke posisi 6 saat keluar. Disusul Alonso masuk pit dan turun ke posisi 4.

Massa baru masuk pit di lap 15 selama 19 detik. Tapi, ia keluar pit masih berada di posisi 2.

Sejak lap 16, Massa dan Alonso berebut posisi 2. Alonso makin bersemangat ketika mobil Massa sedikit bergoyang jelang tikungan. Saat ini, posisi terdepan diduduki Jenson Button dari McLaren Mercedes.

Aksi saling salip antara Massa dan Alonso di trek lurus terjadi di lap 21. Sempat disalip Alonso, Massa bisa mengambil alih lagi posisi 2 di tikungan.

Pada lap 23, Button masuk pit selama 18 detik dan keluar berada di posisi 5 di belakang Hamilton. Di lap ini, Massa yang kembali ke posisi terdepan mencatat fastest lap.

Lap 25, pembalap Mercedes GP, Nico Rosberg masuk pit. Di lap 26, posisi 1-2-3 berturut-turut diduduki Massa, Alonso dan Vettel.

Duet pembalap Ferrari, Massa dan Alonso bergantian mencatat fastest lap di lap 28 dan 29. Dan Alonso bersama mobilnya memperlihatkan penampilan yang semakin cepat. Ia kembali mencatat fastest di lap 31 dan 37.

Pada lap 44, Vettel mencatat fastest lap dan semakin dekat dengan Alonso. Tapi, Alonso kembali menjauh.
 
Bahkan, akhirnya Alonso menyalip Massa di lintasan lurus lap 49. Di lap sebelumnya, instruksi radio tim Ferrari sudah memperingatkan kepada Massa,"mobil Alonso memang lebih cepat."

Ferrari mengharapkan kedua pembalapnya waspada dan saling memberikan jalan jika memang ada yang lebih cepat dan tak menghalangi sehingga potensial berakibat fatal.

Dengan mempertahankan kecepatan serta fastest lap di beberapa lap terakhir, Alonso mengakhiri GP Jerman dengan finis terdepan. Ia disusul Massa dan Vettel.

POSISI 5 BESAR GP JERMAN
1. Fernando Alonso (Ferrari)
2. Felipe Massa (Ferrari)
3. Sebastian Vettel (Red Bull)
4. Lewis Hamilton (McLaren)
5. Jenson Button (McLaren)

Gedung Kampus UNU Gorontalo. (Foto: UNU Gorontalo).

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Kasus dugaan pelecehan yang dilakukan rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Gorontalo, Amir Halid kini terus berlanjut dan belasan korbannya sudah melapor ke Polisi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024