MotoGP Australia

Casey Stoner Juara Dunia MotoGP 2011

Casey Stoner di MotoGP Australia
Sumber :
  • REUTERS/Daniel Munoz

VIVAnews - Pembalap Repsol Honda Casey Stoner memastikan diri jadi juara dunia MotoGP tahun 2011. Stoner menyegel gelar ini setelah merebut juara pertama di MotoGP Australia yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island, Minggu, 16 Oktober 2011.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Meski masih menyisakan dua seri lagi, poin Stoner tidak lagi terkejar oleh pesaing terkuatnya, Jorge Lorenzo. Stoner kini mengoleksi 325 poin dan berhak mengklaim juara dunia MotoGP untuk kedua kali sepanjang karir tepat di hari ulang tahunnya.

Lorenzo, yang absen di MotoGP Australia karena cedera, hanya mengoleksi 260 poin. Jika pun Lorenzo memenangi dua sisa seri lagi di Malaysia dan Spanyol dan tiap kemenangan berhadiah 25 poin, jumlahnya tidak akan bisa mengejar jumlah poin Stoner.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Jalannya Balapan

Stoner sebagai pemegang pole position tidak melepaskan pucuk pimpinan balapan. Pembalap kelahiran Australia itu langsung melesat meninggalkan lawan-lawannya. Para lawan kemudian hanya bisa memperebutkan posisi di belakang Stoner.

Christian Bautista Bakal Tampil di Konser Westlife: The Hits Tour 2024

Marco Simoncelli, Andrea Dovizioso, dan Dani Pedrosa berusaha duduk di peringkat dua. Namun, Simoncelli yang memulai start di peringkat tiga, bisa terus bertahan di peringkat dua dan ditempel ketat Dovizioso serta Pedrosa.

Tapi malang buat pembalap Ducati Valentino Rossi yang memulai strat di posisi 13. Dia gagal melanjutkan lomba setelah terjatuh saat mencoba menyalip Loris Capirossi di lap 13. 

Rossi mencoba melanjutkan lomba dengan motornya. Namun, usaha itu hanya bertahan dua lap sebelum akhirnya dia harus pasrah gagal finish.

Di sisa tujuh lap lagi, Stoner dan Simoncelli terus melesat di posisi satu dan dua. Meninggalkan Dovizioso  dan Pedrosa bersaing sengit memperebutkan peringkat tiga. 

Di sisa empat lap lagi, hujan turun mengguyur Sirkuit Phillip Island. Namun, ketika para pembalap lain langsung mengganti motornya dengan ban yang sesuai dengan kondisi tersebut, Stoner bertahan dengan tunggangannya.

Keputusan ini terbukti tepat karena hujan ternyata hanya berlangsung sesaat. Stoner tetap melanjutkan lomba dan memimpin jalannya balapan. 

Kondisi ini juga dimanfaatkan oleh Dovizioso yang menyalip Simoncelli di peringkat dua. Namun, masuk lap terakhir, Simoncelli merebut kembali posisi tersebut dan menempat Dovizioso di posisi tiga.

Hasil Akhir MotoGP Australia, Minggu, 16 Oktober 2011

1.Casey Stoner Repsol Honda 42m 2.425s

2.Marco SimoncelliSan Carlo Honda Gresini 42m 4.635s

3.Andrea Dovizioso Repsol Honda 42m 4.879s

4.Dani Pedrosa Repsol Honda 42m 15.585s

5.Colin Edwards Monster Yamaha Tech 3 42m 33.311s

6.Randy de Puniet Pramac Racing 42m 51.225s

7.Nicky Hayden Ducati Marlboro 43m 18.739s

8.Toni Elias LCR Honda 42m 5.177s

9.Loris Capirossi Pramac Racing 42m9.187s

10.Karel Abraham Cardion AB Motoracing 42m 45.142s

Gagal Finish

Alvaro Bautista Rizla Suzuki

Hiroshi Aoyama San Carlo Honda Gresini

Cal Crutchlow Monster Yamaha Tech 3

Valentino Rossi Ducati Marlboro

Tidak Ikut Lomba

Damian Cudlin Mapfre Aspar

Ben Spies Yamaha Factory Racing

Jorge Lorenzo Yamaha Factory Racing


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya