Raikkonen Jalani Tes Pertama di Lotus-Renault

Kimi Raikkonen
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVAnews - Pembalap anyar Lotus-Renault yang juga mantan juara dunia Formula 1, Kimi Raikkonen sudah memulai melakukan tes pertama. Ini juga untuk menandai comeback Raikkonen ke kokpit mobil balap F1 setelah lebih dari 2 tahun.

Pada tes di Sirkuit Valencia, Spanyol, 23-24 Januari 2012, Raikkonen melahap total 171 lap selama dua sesi latihan. Di sirkuit ini, ia menggunakan mobil lama Lotus-Renault yaitu R30.

Raikkonen undur diri dari pentas jet darat pada akhir musim 2009. Mantan pembalap Ferrari itu memilih berlaga di Kejuaraan Dunia Reli mulai musim 2010.

Ia kemudian sepakat menerima pinangan Lotus Renault di akhir musim balap 2011 yang mengontraknya selama 2 musim. Langkah Lotus mengontrak mantan pembalap Ferrari yang menjuarai F1 pada 2007 ini menuai kritik dari banyak pihak.

Tapi, Direktur Operasional Lotus, Alan Permane berbeda pendapat. Ia menyebut tes yang dilakukan sangat baik dan yakin Kimi sudah mulai beradaptasi kembali dengan mobil F1.

"Kami menikmati tes ini bersama Kimi. Di pagi hari, kami lakukan untuk lebih mengenal mobil, lalu di siang hari kami menguji simulasi bahan bakar dan juga dua set ban terbaru selama 27 lap," ujar Permane seperti dilansir Eurosport.

Menurutnya, catatan waktu yang dibukukan Raikkonen semakin lama semakin baik. Ia pun yakin segera menyelesaikan tes dengan nilai positif sebelum Lotus-Renault meluncurkan mobil baru di Sirkuit Jerez, bulan depan.

Begitu juga dengan Raikkonen. Ia mengaku senang kembali berada dibalik kokpit mobil F1 lagi.

"Saya senang tes berjalan dengan lancar, senang bisa menyetir mobil F1 lagi. Selama 2 hari ini, saya belajar banyak meski hanya memakai mobil keluaran lama. Saya belajar untuk bekerjasama dengan tim agar bisa fokus ketika kami meluncurkan mobil baru di Sirkuit Jerez, bulan depan," ujar Raikkonen.

Sebelum menyatakan berhenti dari F1 pada akhir 2009, Pembalap asal Finlandia ini sudah mencetak 579 poin selama karirnya era 2001-2009. Kimi juga meraih 18 kemenangan, 62 podium, 16 pole position dan juga mencetak 35 fastest lap.

Jabatannya Dicopot, Jangan Kaget Lihat Koleksi Mobil Kepala Bea Cukai Ini
Rosdiana, wali murid korban meninggal kecelakaan SMK Lingga Kencana

Wali Murid Ungkap Perpisahan SMK Lingga Kencana Biasanya Digelar Dekat Sekolah

Wali murid mengungkapkan kalau acara perpisahan sekolah di SMK Lingga Kencana baru tahun ini digelar di luar kota. Tahun-tahun sebelumnya, acara hanya digelar di dekat se

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024