Michelin dan Pirelli Berebut Hak Pemasok Ban F1

Teknisi F1 sedang memeriksa ban jelang balapan
Sumber :
  • REUTERS/Andrew Yates
VIVA.co.id
Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI
- Bos besar Formula One (F1), Bernie Ecclestone, akan memutuskan apakah akan menggunakan Michelin atau kembali menggunakan Pirelli sebagai pemasok ban mulai musim 2017. Kedua perusahaan ban terkemuka ini telah lolos uji teknis dan keamanan.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama
Federasi Automobile Internasional (FIA) mengatakan kalau keduanya telah memenuhi syarat untuk memberikan tender kepada F1 sebagai pemasok ban selama tiga musim. Sekarang, keputusan berada di tangan Ecclestone.

RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya
Pemilik hak komersial F1 itu akan melakukan negosiasi baik dengan Michelin atau Pirrelli sebelum membuat keputusan dalam pertemuan dengan FIA pada 30 September 2015 mendatang di Paris, Prancis.

Michelin mundur dari balapan F1 pada 2006, satu tahun setelah insiden di GP Amerika Serikat di mana hanya enam mobil yang berpartisipasi akibat tim-tim yang gunakan Michelin tak yakin dengan faktor keamanan.

Sejak saat itu, balapan "jet darat" tersebut hanya menggunakan satu pemasok ban. Pirelli mengambil alih posisi Bridgestone mulai musim 2011 lalu.

Ecclestone sendiri sempat mengindikasikan akan pertahankan Pirelli, karena dinilai siap berinvestasi dengan pemasangan iklan di pinggir trek. Sementara Michelin dinilai hanya cari aman agar tidak mendapatkan kritik.

Ucapan itu bukan tanpa alasan, pasalnya Michelin juga sempat melemparkan kata-kata tak ingin memasok F1 kalau peraturan menyangkut spesifikasi ban 13 inchi dirubah jadi setidaknya 18 inchi.

Dokumen tender FIA saat ini memang terbuka untuk menambah diameter ban "kalau para manufaktur ban merasa akan beri keuntungan pada persaingan di lapangan dengan melakukan hal tersebut."
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya