10 Fakta Menarik MotoGP Australia yang Jarang Diketahui

Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez.
Sumber :
  • REUTERS/Max Rossi

VIVA.co.id –  GP Australia menjadi seri balapan yang akan dilakoni para pembalap MotoGP pada Minggu 18 Oktober 2015. Seri ke-16 di musim ini akan berlangsung di Phillip Island Grand Prix Circuit.

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, berpeluang menjadi pembalap dengan kemenangan terbanyak di kelas MotoGP pada GP Australia. Saat ini, catatan kemenangannya sama dengan Casey Stoner, yakni 6 kali.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

(Baca juga: Jadwal Lengkap Balapan MotoGP Australia, Akhir Pekan Ini)

Terlepas dari rekor tersebut, hasil apik pada seri ini juga bisa menjaga asa Rossi dalam meraih gelar juara dunia musim ini. Saat ini, pembalap asal Italia tersebut berada di puncak klasemen dengan 283 poin.

Dia unggul 18 poin atas rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Andai Rossi minimal finis di posisi 2 pada seri ini dan 2 seri berikutnya, maka dia sudah bisa menggenggam gelar juara dunia ke-10 di kelas berbeda.

(Baca juga: Perburuan Juara, Lorenzo Tunggu Rossi Buat Kesalahan)

Meskipun Lorenzo berhasil menyapu bersih 3 kemenangan di seri-seri terakhir musim ini. Sebelum menyaksikan kejutan di balapan pada akhir pekan ini, kita simak beberapa fakta menarik dari GP Australia yang dirangkum dari situs MotoGP.

Berikut Fakta-fakta Menarik MotoGP Australia:

1. Gelaran balap GP Australia pada musim ini, adalah yang ke-27. Australia tak pernah absen menjadi tuan rumah grand prix sejak 1989.

2. Pada 2 balapan awal GP Australia digelar di Phillip Island, sebelum pindah ke Sirkuit Eastern Creek selama 6 tahun beruntun. Kemudian, kembali lagi ke Phillip Island pada 1997 hingga saat ini.

3. Di kelas MotoGP, Honda menjadi tim yang paling sukses pada GP Australia dengan 5 kemenangan. Disusul oleh Ducati dengan 4 kali kemenangan dan Yamaha baru mengemas 3 kali saja.

4. Catatan 4 kemenangan Ducati di GP Australia yang dihelat pada Phillip Island, semuanya didapat lewat Casey Stoner  pada 2007 hingga 2010. Stoner memang merupakan pembalap asal Australia.

5.
Valentino Rossi adalah pembalap dengan trofi kemenangan terbanyak di Phillip Island, yaitu 8 kemenangan. Di mana, 6 di antaranya didapatkan pada kelas MotoGP .



6.
Perolehan 6 kemenangan di kelas MotoGP itu juga didapat oleh Casey Stoner. Dia menjadi satu-satunya pembalap yang meraih 6 kemenangan beruntun di Phillip Island dari 2007 sampai 2012.

7.  Rekor lap tercepat dimiliki Jorge Lorenzo pada 2013 lalu, dan dia menempuh 1 putaran dalam waktu 1 menit 27,899 detik. Catatan waktu itu juga yang membuat pembalap asal Spanyol ini cetak rekor tercepat di sesi kualifikasi.

8. Sejauh ini Casey Stoner masih tercatat sebagai pembalap yang paling sering merebut pole position di Sirkuit Phillip Island. Mantan pembalap Ducati dan Honda ini sudah 5 kali memulai balapan dari urutan terdepan.

9. Dari para pembalap yang berlaga di MotoGP musim ini, cuma 2 yang pernah menang di Phillip Island. Mereka adalah duo Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

10.
Ada 5 pembalap musim ini yang pernah menempati pole position MotoGP di Phillip Island, yakni Valentino Rossi (2003), Nicky Hayden (2005 dan 2006), Dani Pedrosa (2007), Jorge Lorenzo (2013) dan Marc Marquez (2014). (one)

Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria
Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso

Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas

Ducati pelopor penggunaan winglet di MotoGP.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016