MotoGP 2016: Kecepatan Motor Bakal Lebih Lambat?

Pembalap Tim Yamaha, Jorge Lorenzo
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas
- Keluhan demi keluhan muncul dari para pembalap MotoGP jelang musim 2016. Berbagai aturan baru yang bakal diterapkan, dianggap para joki bakal menghambat performa mereka di atas lintasan.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez
Salah satu yang dikeluhkan adalah sistem elektronik tunggal (ECU) di masing-masing motor mereka. Para pembalap merasa kesulitan beradaptasi dengan sistem tersebut.

Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria
Mereka menilai cara kerja ECU baru di MotoGP sangat kompleks. Pembalap Repsol-Honda, Dani Pedrosa, pernah menyatakan para mekanik pun kesulitan memahami sistem ECU terbaru ini.

Kali ini, giliran pembalap Movistar-Yamaha, Jorge Lorenzo, yang mengeluhkan cara kerja sistem ECU terbaru di motornya. Lorenzo menilai pemasangan sistem ECU kali bisa mengurangi kecepatan motor.

"Sampai sekarang, jelas sekali sistem elektronik baru masih sulit dipahami ketimbang yang sudah digunakan sebelumnya. Saya merasa, waktu putaran akan lebih lambat setengah detik di awal musim," kata Lorenzo seperti dilansir Motosprint.

Selain sistem elektronik, karakter ban baru yang dikeluarkan oleh Michellin juga jadi masalah. Karakter ban Michellin dianggap para rider terlalu lembut.

Kekhawatiran terbesar mereka adalah pembalap yang mengalami crash di balapan musim depan akan lebih banyak. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya