Ini Lima Fakta F1 GP Spanyol yang Jarang Diketahui

GP Spanyol
Sumber :

VIVA.co.id – Ajang balapan Formula 1 (F1) akan kembali digelar pada akhir pekan ini, dan kali ini balapan akan berlangsung di Barcelona, Spanyol. Adu kecepatan jet darat pada seri lima ini dihelat pada Jumat 13 Mei hingga Minggu 15 Mei 2016.

Lewis Hamilton Masih Betah di Mercedes, Meski Mobilnya Kalah Kencang

Nantinya, Rio Haryanto dan para pembalap lainnya akan melangsungkan balapan di Sirkuit Barcelona Catalunya. Balapan sendiri akan berlangsung sebanyak 66 laps, atau setara dengan 307.104 kilometer.

Duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg masih menjadi favorit dalam balapan kali ini. Pada musim lalu, Nico Rosberg keluar sebagai pemenangnya. Sementara Hamilton berada di posisi runnerup.

Audi Bersiap Turun di Formula 1 Lewat Sauber

Berikut ini fakta menarik GP Spanyol dalam angka yang jarang diketahui orang, seperti dilansir situs resmi Formula 1, Kamis 12 Mei 2016:

45
Sudah 45 kejuaraan balap dunia digelar di Spanyol. Sirkuit pertama yang menjadi tuan rumah adalah Pedralbes pada tahun 1951. Selanjutnya ada tiga sirkuit lainnya yang digunakan sebelum akhirnya Sirkuit Barcelona Catalunya menjadi tuan rumah permanen balap Formula 1 GP Spanyol sejak 1991.

Fakta Formula 1 di Miami : Dari Stadium Hingga Klasemen

5
Meski Barcelona total sudah 25 kali menggelar GP Formula 1, faktanya, hanya lima pembalap yang merasakan lebih dari sekali juara di sana. Yaitu Michael Scumacher (6), Mika Hakkinen Hakkinen (3), Nigel Mansell, Kimi Raikkonen dan Fernando Alonso (2).

9
Ada sembilan pembalap berbeda yang memenangi GP Spanyol dalam 10 tahun terakhir. Hanya ada satu pembalap yang bisa juara dua kali dalam 10 musim terakhir di GP Spanyol. Yaitu Fernando Alonso (2006 dan 2013)

7
Ada pembalap dari tujuh negara berbeda yang berhasil memenangi GP Spanyol dalam 10 tahun terakhir. Yaitu Spanyol, Jerman, Inggris Raya, Venezuela, Australia, Finlandia dan Brasil.

10
Michael Scumacher mencetak rekor sebagai pembalap yang paling sering mengaspal di GP Spanyol. Yaitu sebanyak 10 kali. Disusul Mika Hakkinen (5 kali) yang disamai Fernando Alonso, Kimi Raikkonen dan Lewis Hamilton yang masih berlaga musim ini.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya