Perubahan Regulasi Diharap Bikin Seru F1 pada 2017

Pembalap Red Bull, Max Verstappen.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Perubahan pada regulasi Formula One (F1) bakal dinikmati pembalap-pembalap berani, bahkan cenderung nekat seperti Max Verstappen dan Daniel Ricciardo. Demikian menurut petinggi Red Bull Racing Christian Horner.

Lewis Hamilton Masih Betah di Mercedes, Meski Mobilnya Kalah Kencang

Dilansir dari Crash, Kamis 5 Januari 2017, Horner mengatakan perubahan pada 2017, bisa mengurangi kesenjangan dari faktor mesin. Di antaranya, perubahan dalam regulasi teknik, untuk memperkuat efek rangka mobil dan pembalap.

Perubahan dilakukan, menyusul kritik atas regulasi mesin Hybrid V6, yang diberlakukan sejak 2014, dan membuat kekuatan mesin jadi sangat berpengaruh. Nantinya. aerodinamika dan pemilihan ban, bisa membuat mobil lebih agresif dan butuh kekuatan fisik untuk pengendaliannya.

Audi Bersiap Turun di Formula 1 Lewat Sauber

Horner menyambut perubahan regulasi, yang menurutnya, bakal membuat faktor pembalap jadi lebih menentukan. Terutama, keberanian mereka di belakang kemudi. "Perubahan itu akan sedikit memberi keseimbangan," katanya.

"Mobil akan lebih menuntut kekuatan fisik, lebih menantang, dan ditentukan oleh pembalap lebih dari yang kita lihat sekarang. Pembalap-pembalap yang lebih berani akan mendapat keuntungan, serta lebih menarik bagi penonton," ujar Horner.

Fakta Formula 1 di Miami : Dari Stadium Hingga Klasemen

Red Bull disebut sebagai tim, yang bakal mendapat keuntungan lebih banyak dari perubahan regulasi. Apalagi, setelah mereka memperlihatkan penampilan yang kuat di musim 2016, untuk bersaing melawan Mercedes dan Ferrari menggunakan mesin Renault.

Horner sangat bergairah menyambut musim 2017, yang akan jadi musim penuh pertama Red Bull, dengan Verstappen dan Ricciardo sebagai pembalap. "Saya pikir, perubahan regulasi merepresentasikan kesempatan besar bagi kami," ucapnya.

"Kami memiliki tim yang kuat, pasangan pembalap yang kuat, dan kami memiliki semua syarat untuk menjalani kampanye yang hebat musim depan. Semoga kami bisa memangkas ketertinggalan, dari dominasi Mercedes yang telah kita lihat," kata Horner. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya