Aprilia Tanam Winglet dalam Fairing, Begini Penampakannya

Sam Lowes, pembalap Aprilia Racing
Sumber :
  • gresiniracing.com

VIVA.co.id – Beragam inovasi dilakukan setiap tim di MotoGP. Seperti yang terlihat di kubu Aprilia.

Penantang NMax Dibanderol Rp22 Juta, Meluncur Sebentar Lagi

Bos Aprilia Racing, Romano Albesiano, percaya bahwa fairing terbaru yang digunakan di motor pembalapnya akan memberikan dampak positif. Fairing terbaru ini didesain dengan menanamkan winglet.

Winglet adalah sayap tambahan yang dipasang di fairing motor pembalap, perangkat ini banyak digunakan pembalap di MotoGP tahun lalu. Winglet diklaim bisa lebih memaksimalkan aerodinamis motor.

Penantang NMax dan PCX Dijual Pertengahan Tahun Ini, Harga Rp18 Juta

Tapi, karena winglet menuai banyak kontroversi, salah satunya bisa membahayakan pembalap lain, penggunaan winglet kini dilarang. Dan Aprilia memiliki cara untuk tetap bisa merasakan khasiat dari winglet.

Motor Seharga Fortuner Mengaspal di Jakarta

Cara ini diperbolehan. Dan setiap tim yang menggunakan fairing terbaru ini, bisa melakukan upgrade atau pembaruan desain sebanyak satu kali.

Pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales meraih kemenangan dengan perangkat inidi Le Mans, Prancis. Namun balapan lainnya telah dimenangkan dengan pembalap dengan motor berfairing standar. Honda dan Ducati belum memberi homologasi atau katya setuju, yang bisa menjadikan digunakan oleh semua pembalap di MotoGP.

"Sepertinya sekarang fairing tidak begitu diminati oleh siapa pun, tapi dari sudut pandang teoretis, ini pasti bagus," kata Albesiano, yang bekerja sebagai ahli aerodinamika di awal kariernya, dikutip Crash.

"Jadi kita harus membuat hal ini diterima oleh para pembalap, seperti winglet di tahun lalu, saya percaya dengan konsep ini dan kami akan terus mengerjakannya. Ruang sirkulasi angin di setiap celag fairing bekerja dnegan baik," ujarnya. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya