ISMC, Klinik Ampuh Atlet untuk Sembuhkan Cedera

Klinik ISMC
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Nurhendra Saputra

VIVA – Indonesia Sports Medicine Center (ISMC) adalah klinik kedokteran olahraga yang menjadi rujukan bagi atlet yang tengah mengalami masalah cedera. Founder ISMC, Erick Thohir mengatakan, klinik ini antara tahun 2016-17 telah banyak membantu atlet nasional. 

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

"Adanya Asian Games 2018 di Indonesia, maka diharapkan klinik ini juga bisa membantu. Bukan hanya bicara bisnis saja, tapi juga kontribusi kepada bangsa Indonesia," kata Erick saat acara peresmian klinik baru ISMC di Jalan Taman Kemang, Jakarta, Jumat 9 Februari 2018. 

Beberapa atlet yang pernah merasakan sentuhan dari dokter-dokter di ISMC adalah Lindswell Kwok, atlet Wushu Indonesia yang meraih emas di Sea Games 2017 dan kejuaraan dunia. Kemudian pebulutangkis Kevin Sanjaya Sukamuljo. 

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Salah satu dokter di klinik ISMC, Prof Nicolaas C Budhiparama mengatakan, atlet yang melakukan proses penyembuhan dilakukan dengan berbagai macam terapi. Nico menambahkan, atlet akan mendapatkan pendampingan sampai nantinya mereka siap turun kembali untuk berkompetisi. 

"Ada beberapa poin plus di klinik ini. Atlet yang cedera kondisinya menurun dan membutuhkan bimbingan. Maka kami menangani atlet dengan beberapa sesi dan didampingi oleh dokter," kata Nico. 

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

"Kevin pernah melalukan perawatan cedera di sini. Ada sekitar dua bulan ia tidak boleh bertanding. Kemudian di tahun 2017 prestasinya luar biasa," tambah Nico. 

Sementara itu, Dokter Andi Kurniawan, mengatakan, sepanjang tahun 2017 lalu setidaknya ada 120 atlet yang melakukan perawatan di klinik tersebut. Di mana mereka berasal dari 20 cabang olahraga. 

"Lindswell melakukan perawatan di sini cukup lama. Sekitar enam bulan. Ia tidak sempat menjalani operasi di lututnya. Yang kami lakukan di sini adalah untuk kembali menguatkan kondisi ototnya," jelas Andi. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya