Kebakaran Hutan Jadi Ancaman Asian Games 2018

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkaranain Adinegara, meninjau kanal yang disiapkan untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di Kabupten OKI.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aji YK Putra

VIVA – Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Palembang mendapatkan ancaman serius. Bencana kebakaran hutan jadi salah satu teror paling menakutkan di sana.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Kabupaten Ogan Komering Ilir adalah daerah yang menjadi titik utama dalam bencana kebakaran hutan dan lahan di kawasan Sumatera Selatan. Asap dari bencana kebakaran tersebut acap kali singgah ke Palembang.

Demi mengatasi hal tersebut, perangkat operasi daerah di Kabupaten OKI sudah menyiapkan sejumlah skema.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, menyatakan pihaknya sudah melakukan konsolidasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Manggala Agni, serta tim pemadam kebakaran dari 19 perusahaan perkebunan di Kabupaten OKI.

"Perintah langsung Presiden, kami harus siaga karhutla, karena Indonesia jadi tuan rumah Asian Games 2018," kata Zulkarnain, Rabu 14 Maret 2018.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Zulkarnain menyatakan sempat berkomunikasi dengan BMKG terkait prediksi cuaca selama Asian Games 2018. Dan, sepanjang gelaran Asian Games, Indonesia akan diselimuti musim kemarau.

Maka dari itu, potensi adanya kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten OKI terbilang besar. Zulkarnain pun meminta kepada seluruh elemen untuk tetap waspada.

"Bencana 2015 jadi pelajaran bagi semua. Tiap tahun, kami harus lebih waspada sejak dini dengan menetapkan tatus siaga karhutla sejak awal tahun lalu. Hasilnya tahun 2016 dan 2017 bencana karhutla bisa dihindari," Plt Bupati OKI, H.M Rifai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya