Siswa Bentangkan Bendera Peserta Asian Games Sepanjang 7 Kilometer

Bendera peserta Asian Games dikibarkan sepanjang 7 kilometer
Sumber :
  • Bayu Nugraha/ VIVA

VIVA –  Kirab obor Asian Games 2018 di wilayah Provinsi Sumatera Selatan masih berlangsung. Usai mengelilingi Kota Palembang pada Sabtu 4 Agustus 2018 kemarin, obor dibawa ke beberapa Kabupaten di Sumatera Selatan.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Pada hari ini Minggu, 5 Agustus 2018, kirab obor dilakukan di Kabupaten Banyuasin. Berangkat dari kantor Walikota Palembang pagi. Api obor tiba di Kabupaten Banyuasin pada siang hari dan diterima Bupati Banyuasin Supriyono.

Selama perjalanan kirab obor, ratusan siswa SD hingga SMA menyambut obor. Bahkan ada yang menarik selama kirab obor di mana para siswa membentangkan bendera negara peserta Asian Games.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Panjang bendera yang mencapai 7.000 meter atau 7 kilometer ini pun memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia). Rekor MURI pun diberikan kepada Pemkab Banyuasin dan Polres Banyuasin.

Kapolres Banyuasin AKBP Yudi Surya Markus mengatakan, pihaknya dan Pemkab Banyuasin bangga obor api Asian Games melewati Kabupaten Banyuasin. Menurutnya hal ini merupakan kesempatan yang langka.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

"Kita mendukung penyelenggaraan Asian Games. Pak bupati sangat bangga dan mendukung api obor dilintasi. Kita akan mendapatkan rekor MURI hampir 7 kilometer bendera Asian Games," ujar Yudi di Pangkalan Balai, Banyuasin, Sumatera Selatan, Minggu 5 Agustus 2018.

Rekor MURI bendera Asian Games sepanjang 7 kilometer

Untuk mengawal kirab obor Asian Games di Banyuasin, sebanyak 600 personel gabungan dikerahkan. Pengamanan ini terdiri dari Polri, TNI dan Satpol PP.

"Untuk Polri sebanyak 350 personel, TNI ada 100 personel dan Satpol PP 150 personel. Kurang lebih 600 personel mengawal pawai obor di Banyuasin," ungkapnya.

Terkait dengan pengamanan selama Asian Games, pihaknya membentuk tim pengamanan kejahatan jalanan. Nantinya tim ini akan ditempatkan di pos-pos yang memungkinkan terjadi aksi begal.

"Kita juga menyiapkan tim Karhutla pemadam kebakaran yang menjadi antisipasi. Kita ada empat titik ploting. Kita di back up Brimob dari Riau mengantisipasi Karhutla," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya