Potensi Indonesia Dulang Emas Asian Games 2018 di Dayung

Test Event Rowing (Dayung) Asian Games 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA - Asian Games 2018 digelar Indonesia, selaku tuan rumah pastinya membidik target cukup tinggi. Pundi-pundi medali emas pun berpeluang besar disumbangkan lewat cabang olahraga dayung di edisi ke-18 ini.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Tim dayung Indonesia memang ditargetkan meraih dua medali emas pada Asian Games kali ini oleh INASGOC. Target tersebut bukan tanpa alasan, mengingat cabor dayung disiplin perahu naga berhasil menyumbang 3 dari 4 medali yang diperebutkan di Asian Games Guangzhou 2010.

Ketiga medali emas Indonesia diraih melalui nomor 250 M, 500 M dan 1000 M putra, ditambah dua medali perunggu. Ketika itu tim dayung naga Indonesia berhasil mempermalukan tim tuan rumah yang menjadi unggulan.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Sayangnya, pada Asian Games Incheon 2014 nomor perahu naga dicoret dari daftar disiplin olahraga yang dipertandingkan. Alhasil raihan keping emas Indonesia pun berkurang, yakni hanya dapat satu perunggu.

Pada Asian Games 2018 ini, cabor dayung akan dilaksanakan di Jakabaring Lake, Palembang, Sumatra Selatan. Ada beberapa disiplin dari cabor dayung yang akan dipertandingkan.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Di antaranya Kano-Slalom (pada 21-23 Agustus), Kano-Sprint (29 Agustus hingga 1 September), Perahu Naga (25-27 Agustus), dan Dayung (19-24 Agustus). Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI), berharap Indonesia bisa meraih tiga medali emasi.

Emas tersebut ditargetkan bisa diraih dari tiga disiplin, yakni rowing, kano (canoeing), dan perahu naga (traditional dragon boat). Sekjen PB PODSI Edy Suyono mengatakan, setiap disiplin ditargetkan menyumbang satu emas.

"Ditambah beberapa medali lah, mudah-mudahan," kata Edy kala itu.

Upaya untuk bisa mewujudkan target tersebut dengan melakukan pelatnas.  Pelatnas dayung sudah dilakukan di Situ Cileunca Pangalengan, Kabupaten Bandung, serta pelatnas perahu naga dan kano di Waduk Jatiluhur sejak bulan Maret lalu.

Untuk lawan terberat Indonesia, adalah China. Pada Asian Games 2014 di Korea Selatan, mereka sukses menjadi juara umum dan dayung menjadi salah satu ladang emas meraka dengan raihan 9 medali emas dan satu perunggu.

Terakhir kali Indonesia melawan China dalam kompetisi dayung yang diselenggarakan di Macau pada 2017. Selain China, Thailanddan Myanmar juga terkenal jago dalam cabor dayung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya