Atlet Peraih Medali Emas Bertanding dalam Kondisi Hamil

Suwarti
Sumber :
  • Asian Para Games 2018.

VIVA – Sebuah hal menarik terjadi pada gelaran Asian Para Games 2018. Atlet tenis meja Indonesia, Suwarti, mampu merebut medali emas dalam kondisi sedang hamil.

Indonesia Wins 29 Gold Medals at Hangzhou Asian Para Games

Suwarti terbukti mampu mempersembahkan medali emas tenis meja ganda campuran kategori TT6 - TT8 bersama pasangannya, Mohamad Rian Prahasta.

Pada laga final yang berlangsung di Ecovention Ancol, Jakarta, Rabu 10 Oktober, Rian/Suwarti menang 2-1 (11-7, 9-11, 11-5) atas pasangan Indonesia lainnya, Banyu Tri Mulyo/Hamida.

Menpora Sambut Kedatangan Kontingen Indonesia yang Berlaga di Asian Para Games 2022

"Sekarang saya lagi hamil 18 minggu," kata Suwarti.

Menurut Suwarti, berada dalam keadaan hamil memang membuat kondisi fisiknya tak menentu. Ketika dalam pemusatan latihan nasional, Suwarti mengaku sering telat datang latihan karena rasa mual yang kerap muncul.

Saptoyogo Purnomo Pecahkan Rekor, Sabet 3 Emas Asian Para Games 2022 dalam 4 Hari

Meski demikian, Suwarti tetap berusaha untuk menjalani aktivitasnya sebisa mungkin.

"Waktu awal-awal hamil, saya sering muntah-muntah. Akhirnya latihan pun telat, dan pemain-pemain lain juga sudah selesai latihannya. Untungnya, anak saya yang di kandungan ini bisa diajak kerja sama," kata Suwarti.

Suwarti menceritakan, dia baru  tahu sedang hamil saat tes event Asian Para Games 2018, Juli silam. Saat itu, dia berkonsultasi dengan dokter dan tim pelatih soal keikutsertaannya pada Asian Para Games 2018.

Usai berkonsultasi, dokter akhirnya menyatakan bahwa kondisi Suwarti tak ada masalah dan dia pun diperbolehkan tampil.

"Jadi, Asian Para Games 2018 ini event olahraga terakhir saya sebelum ambil cuti hamil," ujar atlet berusia 31 tahun tersebut.

Atas keberhasilannya meraih medali emas di Asian Para Games 2018, Rian dan Suwarti masing-masing berhak mendapatkan bonus Rp1 miliar yang dijanjikan dari pemerintah. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya