Menpora Sambut Kedatangan Kontingen Indonesia yang Berlaga di Asian Para Games 2022

Kontingan Indonesia di Asian Para Games 2022 tiba di Tanah Air
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Jateng – Kontingen Indonesia yang berlaga di Asian Para Games (AiPG) 2022 Hangzhou, China telah kembali ke Tanah Air. Kepulangan atlet disabilitas terbaik yang bernaung dalam pelatnas NPC Indonesia itu disambut gembira ribuan masyarakat di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Minggu, 29 Oktober 2023.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Pesawat carter maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 8690  yang membawa kontingen Indonesia Asian Para Games 2022 tiba di Bandara Adi Soemarmo sekitar pukul 17.00 WIB. Setelah turun di terminal kedatangan internasional, kontingen Merah Putih langsung disambut langsung Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.

Menpora tampak mengalungkan bunga kepada Ketua NPC Indonesia Senny Marbun, Chef de Mission (CdM) Angela Tanoesoedibjo. Setelah itu menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu juga mengalungkan bunga kepada para atlet disabilitas yang telah bertarung di Asian Para Games 2022 Hangzhou, China.

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis

Selain disambut Menpora, ledatangan sebanyak 266 orang yag tergabung dalam kontingen Indonesia itu disambut meriah keluarga dan masyarakat yang menunggunya di terminal kedatangan internasional Bandara Adi Soemarmo Boyolali. Setelah itu mereka diarak menuju Kusuma Sahid Prince Hotel Solo.

Kontingan Indonesia di Asian Para Games 2022 tiba di Tanah Air

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq
UEA Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

CdM Indonesia Angela Tanoeseodibjo mengapresiasi atlet Indonesia dalam gelaran AiPG Hangzhou 2022 yang telah melampaui target dengan membawa pulang 29 medali emas, 30 medali perak dan 36 medali perunggu. Atlet Indonesia juga mampu memecahkan 13 rekor yakni 8 rekor AiPG, tiga rekor asia dan dua rekor dunia.

"Kami bersyukur kontingen Indonesia dapat kembali ke tanah air dalam kondisi yang baik dan sehat,” ucap Angela saat prosesi penyambutan kedatangan kontingen Indonesia di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Minggu, 29 Oktober 2023.

"Kami bisa mencapai peringkat enam. ini merupakan prestasi tertinggi bagi negara Asia Tenggara sekaligus merupakan suatu kebanggaan yang patut kita syukuri. Terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas dukungan penuh kepada kami," ucapnya bangga.

Menpora Dito Ariotedjo juga menyampaikan pujian kepada kontingen Indonesia yang mampu mencatatkan prestasi impresif dalam gelaran AiPG Hangzhou 2022. Capaian ini menjadi bukti konsistensi Indonesia dalam mencetak prestasi terdepan di antara negara-negara di ASEAN.

"Hasil bagus ini menandakan apa yang diprogramkan jangka panjang oleh NPC Indonesia terkait pelatnas dan persiapan lain, memberikan nafas baru untuk masa depan NPC Indonesia dan atlet disabilitas," kata dia.

Ketua NPC Indonesia, Senny Marbun mengaku bangga dan puas atas perjuangan atlet Indonesia sehingga mampu melampaui target yang ditetapkan. "Pencapaian ini adalah prestasi yang fundamental yang kita bisa raih. Prestasi ini juga kita persembahkan kepada Presiden Joko Widodo dan seluruh masyarakat Indonesia," ucap Senny Marbun.

Senny Marbun dengan mantap berucap, NPC Indonesia akan selalu hadir untuk mengukir prestasi mengharumkan nama bangsa di ajang internasional. 

"Kami akan selalu hadir di setiap event olah raga internasional untuk membanggakan negara karena cuma ini yang bisa kami lakukan," tandas Senny. 

Setelah sukses besar dengan meraih 29 medali emas, 30 perak dan 36 perunggu, Indonesia berhasil menempati urutan keenam daftar perolehan medali Asian Para Games 2022. 

Untuk mengapresiasi prestasi luar biasa itu, Menteri Pemuda dan Olah raga, Dito Ariotedjo memastikan pemerintah Indonesia akan menyiapkan bonus bagi atlet peraih medali.

“Insya Allah akan ada bonus dari pemerintah, tapi yang penting di simpan dan dikelola untuk masa depan yang baik," kata Dito.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya