Diikuti Ratusan Peserta, BPKH Hajj Run & Fun Walk Gelorakan Haji Sejak Muda

BPKH Hajj Run & Fun Walk di Taman Wisata Tanjung Mutiara Singkarak, Sumbar
Sumber :
  • Istimewa

Sumbar – BPKH Hajj Run & Fun Walk di Taman Wisata Tanjung Mutiara Singkarak, Jorong Mutiara, Baru Taba, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, Sabtu 28 Oktober berlangsung meriah. Ratusan peserta semangat mengikuti run dan fun walk yang diselenggarakan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Kegiatan tersebut digelar Sabtu pagi atau bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Tak hanya berasal dari sekitar wilayah Kota Padang, Sumatera Barat, peserta bahkan ada yang berasal dari DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah hingga Jawa Timur dan dilepas oleh Anggota Badan Pelaksana BPKH, Harry Alexander.

Harry mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda. “Kegiatan ini merupakan komitmen BPKH untuk mensosialisasikan terkait Istithaah kesehatan jamaah haji,” ujarnya.

Hobi Lari, Politisi Golkar Misbakhun Capai Finis di London Marathon 2024

Harry menyatakan, untuk Fun Walk para peserta akan menempuh jarak sekitar 3,5 kilometer, sedangkan Fun Run, peserta menempuh jarak sejauh lima kilometer

“Kegiatan dimulai dari Taman Wisata Tanjung Mutiara dan finish di tempat yang sama dan untuk 200 pelari yang sampai finish pertama akan mendapatkan medali,” ucap Harry.

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

Anggota Badan Pelaksana BPKH, Harry Alexander

Photo :
  • Istimewa

Sementara itu, Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah menjelaskan, kegiatan itu digelar dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memulai menabung haji sejak dini. Tujuannya agar bisa menunaikan ibadah haji di usia muda.

Ia menyebutkan, untuk menunaikan ibadah haji tak cukup dimampukan secara materi saja. Lebih dari itu juga dibutuhkan fisik yang kuat. 

“Kegiatan Hajj Run & Fun Walk ini merupakan langkah awal yang baik dan komitmen BPKH untuk menyosialisasikan terkait Istithaah Kesehatan jamaah haji ini. Sekaligus upaya memperkenalkan Haji Muda, mendorong kalangan milenial agar segera menunaikan ibadah haji di usia muda,” ungkap Fadlul.

“Makanya kami gelar Hajj Run dan Fun Walk ini, karena untuk menunaikan ibadah haji, ada tawaf dan sai yang menempuh 4 hingga 5 kilometer jalan dan berlari,” tambahnya.

Belum lagi lanjutnya, cuaca di Mekah yang sangat panas.  “Waktu wukuf kemarin saja cuacanya mencapai 42 derajat celcius, sangat panas, sehingga AC sudah tidak kuat,” terang Fadlul.

Inti dari itu adalah bagaimana fisik yang kuat sangat diperlukan untuk bisa menunaikan ibadah haji. Dari itu, dia mendorong agar generasi muda dapat menabung sejak dini, sehingga mampu berhaji di usia muda pula. Apalagi, daftar tunggu berhaji lebih dari 20 tahun. 

“Jadi kalau daftar setelah pensiun usia 55 tahun, maka baru usia 75 tahun baru bisa berangkat haji,” jelasnya.

Fadlul menambahkan, BPKH Hajj Run & Fun Walk 2023 ini baru pertama digelar. Pilihan pelaksanaan di Danau Singkarak, karena danau ini adalah tempat wisata yang indah. 

“Ini pertama kami gelar. Semoga bisa terus terlaksana dan kami berharap dapat terus dilaksanakan di tempat wisata sebagai bentuk dukungan kami memajukan dunia pariwisata,” paparrnya.

Dorong Perekonomian Lokal

Kegiatan BPKH Hajj Run & Fun Walk 2023 diakhiri dengan pengundian hadiah door prize yang oke punya. Mulai dari Paket Umrah, HP, Sport Brand, Smart Watch hingga sepeda gunung dan logam mulia. Total nilainya mencapai ratusan juta rupiah.

Dengan digelarnya kegiatan BPKH Hajj Run & Fun Walk 2023 di seputar Danau Singkarak, kawasan Tanah Datar Sumatera Barat ini diharapkan mampu mendorong dan menggerakkan perekonomian masyarakat lokal, terutama para pedagang yang menjual produk dan makanan khas daerah tersebut.

Karena itu, bersamaan dengan kegiatan tersebut, peserta juga menikmati wisata kuliner yang disajikan oleh para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), yang siap memanjakan perut dan lidah. Ada juga pertunjukan musik gambus yang memikat. Hal ini merupakan wujud dari komitmen BPKH untuk ikut memajukan perekonomian lokal dan budaya Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya