Pemred tvOnenews.com, Jurnalis Pertama Indonesia Peraih Six Star World Marathon

Pemimpin Redaksi tvOnenews.com, Ecep Suwardaniyasa Muslimin
Sumber :
  • Istimewa

Boston - Pemimpin Redaksi (Pemred) tvOnenews.com, Ecep Suwardaniyasa Muslimin menjadi jurnalis Indonesia pertama yang raih Six Star Marathon usai menyelesaikan enam rangkaian World Marathon Majors (WMM).

Raisi Berusaha Keras Keluarkan Iran dari Sanksi AS dan Negara-negara Barat, Menurut Pengamat

Bersama 15 orang pelari asal Indonesia lainnya, Ecep mengikuti ajang marathon di Boston Amerika Serikat sejauh 42.2 kilometer pada Senin 15 April 2024 waktu setempat.

Ecep berhasil menjadi salah satu pelari asal Indonesia yang berhasil mencatatkan namanya di Wall of Frame Finisher World Major Marathon. Sebelumnya terdapat 87 pelari asal Indonesia yang juga berhasil mencatatkan namanya, termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Terpopuler: Nabung 25 Tahun untuk ke Tanah Suci hingga Titip Doa Pada Jemaah Haji

Ecep memulai seri balapan lari WMM pada 2018 di Berlin, Jerman yang kemudian dilanjutkan pada marathon Chicago setahun setelahnya. Dirinya mengungkapkan bahwa setelah melakoni marathon keduanya di Amerika Serikat, selama dua tahun tepatnya pada 2020 dan 2021 dirinya memutuskan untuk tidak mengikuti WMM dikarenakan adanya Covid-19.

Ia memutuskan untuk kembali melakoni WMM pada 2022 di London Inggris yang kemudian dilanjutkan mengikuti marathon di Tokyo, Jepang dan New York Amerika Serikat pada 2023. Alasan dirinya mengikuti ajang WMM untuk mengajak pola hidup sehat bagi masyarakat Indonesia khususnya para jurnalis yang dinilai memiliki kesibukan yang luar biasa.

tvOne Luncurkan Portal News AI Pertama di Indonesia

"Pertama motivasi saya ingin mengajak pola hidup sehat bagi masyarakat secara luas dan khususnya bagi para jurnalis," ujar Ecep saat dihubungi langsung tvOnenews.com pada Selasa (16/4/2024).

"Karena tingkat kesibukan kerja para jurnalis itu luar biasa tinggi, seolah tidak kenal dengan jam kerja karena tuntutan deadline setiap saat, nah saya ingin mengajak di sela-sela kesibukan itu berolahraga lari karena  olahraga ini yang paling cocok," tambahnya.

Ecep mengungkapkan awal ketertarikan dirinya untuk memulai gaya hidup sehat dengan melakukan olahraga lari dimulai pada enam tahun lalu, tepatnya pada 2018. Ia secara blak-blakan berbicara kesulitan dirinya yang memulai olahraga lari dari nol yang langsung melakukan satu putaran penuh lapangan sepakbola.

"Di tahun 2018 memulai dari nol betul, satu putaran lapangan bola langsung muntah-muntah gitu. Tapi karena latihan yang benar kemudian jadi nyaman, efeknya pasti sehat dan berat badan jadi ideal," pungkas Ecep.

Pemimpin Redaksi tvOnenews.com, Ecep Suwardaniyasa Muslimin

Photo :
  • Istimewa

Ecep mengaku perjuangan dirinya untuk menuntaskan marathon di Boston Amerika Serikat sangat berat karena rute yang dilaluinya berupa tanjakan yang sangat panjang dimulai pada kilometer ke-26 hingga ke-36 yang bisa berisiko cedera.

Selepas menuntaskan ajang marathon di Boston Amerika Serikat tersebut, Ecep mengaku menjadi jurnalis Indonesia pertama yang berhasil mencatatkan namanya sebagai Six Star Marathon di ajang WMM.

Motivasi Ecep untuk mengajak para jurnalis Indonesia untuk menerapkan pola hidup sehat juga dibuktikan dengan membangun komunitas lari di tvOne yang bernama One Runner dan Tazbrurunners Tasikmalaya.

Ecep mengaku di dua komunitas tersebut terdapat beberapa jurnalis yang juga mengikuti ajang WMM, namun hanya dirinya yang baru bisa menyelesaikan enam edisi marathon dunia tersebut di kalangan jurnalis Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya