Kejurnas Tarung Derajat 'Antar Master' Digelar di Surabaya

Kejuaraan Nasional Antar Master Tarung Derajat.
Sumber :
  • VIVA/Rahmad Noto (23-02-19)

VIVA – Terobosan baru digulirkan Pengprov Keluarga Tarung Derajat (Kodrat) Jawa Timur dengan menggelar ajang bertajuk Kejurnas Antar Master "Bambang Haryo Cup" di GOR Brawijaya, Surabaya, 23-24 Februari 2019. 

Jelang Pra PON, Tarung Derajat Jatim Masuk Puslatda

Ketua Umum Pengprov Kodrat Jatim Bambang Haryo mengatakan, ajang Kejurnas Antar Master sengaja digelar yang bersamaan dengan agenda tahunan Kejurprov Tarung Derajat. 

"Untuk Antar Master baru pertama kita gelar. Kita harapkan atlet-atlet muda bisa juga melihat langsung teknik-teknik yang benar dari seniornya. Sekalian juga refreshing lagi bagi atlet senior setelah padatnya event," ujar Bambang Haryo di sela menyaksikan pertandingan. 

Jabat Ketum Tarung Derajat, Hary Tanoe Usung Rencana Besar

Meski baru pertama, Kejurnas Antar Master mendapatkan sambutan positif. Tujuh daerah ikut ambil bagian. Mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Banten, Kalimantan Timur, Aceh, dan tuan rumah Jawa Timur.

Sementara itu, Sang Guru Tarung Derajat, Ahmad Derajat memberikan apresiasi terhadap Pengprov Kodrat Jawa Timur yang menggulirkan Kejurnas Antar Master untuk pertama kalinya. 

Jusuf Wanandi Beberkan Alasan Dukung Prabowo: Di Antara 3 Capres, Hanya Prabowo yang Siap

"Untuk itu saya datang melihat langsung karena kegiatan ini juga penting. Masuk juga dalam program pusat. Semua teknik yang dimiliki atlet tarung derajat boleh dipakai, tendangan, pukulan, bantingan dan kuncian. Berbeda dengan yang nomor prestasi di PON hanya pukulan dan tendangan," ujarnya. 

Khusus kejurprov, seluruh Pengcab Kodrat se-Jawa Timur ikut ambil bagian. Total ada 24 pengcab mengirimkan atlet terbaik sebagai ajang seleksi untuk Pra PON 2019 yang rencananya digelar di Jawa Barat. (art)

Atlet Tarung Derajat dalam persiapan PON 2016 Jawa Barat

Tarung Derajat Didorong Promosi ke Tingkat Dunia

Tarung derajat adalah salah satu olahraga bela diri asli Indonesia yang dirintis oleh Haji Achmad Dradjat.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2023