Kalahkan Riyadh, Doha Resmi Jadi Tuan Rumah Asian Games 2030

Presiden OCA, Sheikh Fahad Al-Ahmed Al Sabah
Sumber :

VIVA – Olympic Council of Asia (OCA) akhirnya membuat keputusan terkait tuan rumah Asian Games 2030. Proses pengajuan diri atau bidding untuk tuan rumah Asian Games 2030 melibatkan dua kandidat, yakni Doha, Qatar dan Riyadh, Arab Saudi.

Jelang Hadapi 2 Event Besar, PRSI Panggil 16 Atlet ke Pelatnas Renang

Kedua kandidat pun telah melakukan serangkaian upaya untuk memenangkan bidding, termasuk melobi petinggi OCA. Proses bidding akhirnya mencapai tahapan final pada hari ini saat OCA menggelar majelis umum di Muscat, Oman.

Berdasarkan hasil pertemuan tersebut, Doha akhirnya terpilih sebagai tuan rumah Asian Games 2030 setelah mendapatkan suara terbanyak dalam proses voting. Mengutip Insidethegamez, proses pemilihan sempat diwarnai masalah teknis karena voting dilakukan secara elektronik.

Indonesia Masuk Daftar Negara Aman Versi Qatar, Apa Alasannya

Akan tetapi, masalah itu dapat terselesaikan dengan baik dan perwakilan dari 26 negara anggota OCA yang hadir di Muscat melakukan pemilihan secara manual. Sedangkan, 19 anggota lainnya tetap bisa melakukan pemilihan secara elektronik.

Tekad 2 Atlet Alumnus PON XX Papua Tembus Pelatnas Polo Air

Namun, gangguan teknis pada proses pemilihan kembali terjadi. Para peserta sempat dibuat bingung karena layar tablet yang mereka gunakan sempat eror selama pemungutan suara berlangsung.

Kejadian tersebut membuat para voter khawatir jika suara mereka bakal dimanpulasi. Akan tetapi, hal tersebut bisa diatasi secepatnya dan pemungutan suara akhirnya dilanjutkan kembali.

Sementara itu, Riyadh yang kalah suara dalam proses voting kali ini dipastikan akan mendapat jatah untuk menggelar Asian Games 2034. Penunjukan Riyadh sebagai tuan rumah Asian Games 2034 merupakan ide dari Presiden OCA, Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah.

Sebelumnya, Presiden OCA ingin menciptakan keadilan bagi Doha dan Riyadh agar tidak menimbulkan konflik selepas pemungutan suara. Kesepakatan pun tercapai. Pemiliki suara terbanyak bakal menjadi tuan rumah Asian Games 2030 dan yang kalah akan otomatis menggelar Asian Games 2034.

Dengan demikian, untuk pertama kalinya kawasan Asia Barat akan menjadi tuan rumah Asian Games dalam dua edisi secara berturut. Sebelumnya, kawasan Asia Barat sangat jarang mendapatkan kesempatan seperti ini.

Sementara itu, predikat tuan rumah Asian Hames 2022 telah diberikan kepada Hangzhou, China. Sedangkan, Jepang akan menggelar Asian Games edisi ke-20 pada 2026 di dua kota, yakni Aichi dan Nagoya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya