10 Teknik Dasar Pencak Silat yang Bisa Kamu Pelajari

Pencak Silat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok

VIVA – Teknik dasar pencak silat, semua orang pastinya pernah mendengar tentang pencak silat dan sejarah pencak silat di indonesia. bahkan pencak silat sekarang sudah merambah ke dunia Internasional.

4 Seni Bela Diri Andalan Pasukan Elit Militer Indonesia, Ada Yong Moo Do

Pencak silat merupakan salah satu jenis seni beli diri yang diajarkan secara luas sejak lama dan bertahan hingga sekarang. jika luar negeri ada Kung Fu, Karate dan Boxing.

Namun Indonesia memiliki seni bela diri lokal yang disebut pencak silat atau yang sering disebut dengan silat. Pencak silat merupakan beladiri asli dari Indonesia apalagi setelah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda melalui sidang ke-14.

Dua Mahasiswa Dihajar Warga Setelah Tertangkap Curi Motor Warga

Sidang tersebut berlangsung di Bogota, Kolombia, 9-14 Desember 2019. Selain dikenal di Indonesia, pencak silat juga dikenal di sejumlah negara Asia Tenggara. Sebut saja seperti Filipina, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan juga di Thailand.

Seperti dikutip dari Penerbit Buku Deepublish mengenai sejarah dan pengertian pencak silat, Sebelum membahas mengenai sejarah pencak silat, ketahui dulu pengertian dari seni bela diri khas Indonesia ini.

Kenapa Pasukan TNI Kopassus Disegani Tentara Asing? Ini Penjelasannya

Secara etimologi atau dari asal kata, pencak silat terdiri dari dua kata. Pertama adalah kata 'pencak' yang berarti gerak dasar beladiri yang terikat dengan suatu peraturan. 

Kedua, adalah kata 'silat' yang memiliki arti sebagai gerak bela diri sempurna yang bersumber dari kerohanian. Pencak silat kemudian secara umum bisa didefinisikan sebagai salah satu seni bela diri yang setiap gerakannya mengikuti atau terikat oleh peraturan khusus.

Berikut beberapa teknik dasar pencak silat seperti dikutip dari Hallo Sehat  dan Popmama sebagai berikut:

1. Teknik kuda-kuda

Teknik Kuda-kuda

Photo :
  • Emodul Kemdikbud

Teknis dasar pencak silat pertama adalah kuda-kuda, teknik ini memperlihatkan sikap dari kedua kaki dalam kondisi statis, dalam pencak silat kuda-kuda menjadi salah satu tumpuan untuk melakukan sikap pasang, teknik serangan dan pembelaan diri. Teknik ini juga dapat digunakan latihan dasar dalam pencak silat untuk memperkuat otot kaki.

Ada beberapa jenis teknik kuda-kuda, yaitu kuda-kuda ringan, kuda-kuda sedang dan kuda-kuda berat Sementara dari bobot tumpuannya, teknik ini terbagi dalam kuda-kuda depan, kuda-kuda belakang, kuda-kuda tengah, dan kuda-kuda samping.

2. Teknik Sikap Pasang

Teknik Sikap Pasang

Photo :
  • Emodul Kemdikbud

Teknik dasar pencak silat kedua, yaitu teknik sikap pasang yang merupakan kombinasi tangan dan kaki dibarengi dengan teknik kuda-kuda, dan disertai kesiagaan mental indera secara total, hal ini sikap pasang merupakan awalan untuk serangan.

Ada dua jenis teknik sikap pasang yaitu sikap pasang terbuka dan sikap pasang tertutup. Sikap pasang terbuka dengan tangan dan lengan tidak melindungi tubuh, sebaliknya sikap pasang tertutup dengan tangan dan lengan yang melindungi tubuh.

3. Teknik Arah

Teknik Arah

Photo :
  • Emodul Kemdikbud

Teknik dasar pencak silat ketiga yaitu Teknik Arah, anda sangat memerlukan teknik yang satu ini pasalnya dalam membentuk gerakan, baik saat menyerang maupun secara bertahan.

Arah yang perlu anda ketahui adalah arah delapan penjuru mata angin yakti sikap atau pola langkah dalam gerakan teknik dasar pencak silat dengan titik tumpu berada di tengah.

4. Teknik Pola Langkah

Aksi Pesilat Cilik di Kejurnas Pencak Silat

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Teknik dasar pencak silat selanjutnya adalah Teknik pola langkah, akan tetapi sebelum melakukan teknik ini anda harus dipastikan menguasai teknik kuda-kuda. Teknik ini memiliki ciri khas yang mana teknik ini perlu dilakukan dengan baik dan benar.

Secara umum, pola langkah pencak silat dapat dibagi ke dalam langkah lurus, langkah samping, langkah serong, langkah silang, langkah pilin, dan langkah putar.

Saat melakukan langkahan untuk berpindah posisi, Anda juga bisa menguasai beberapa teknik, seperti langkah angkatan, langkah geser, langkah seser, dan langkah lompat.

5. Teknik Pukulan

Teknik Pukulan

Photo :
  • Emodul Kemdikbud

Teknik dasar pencak silat selanjutnya adalah melakukan teknik pukulan, Kedua tangan dan lengan Anda berfungsi sebagai alat untuk menyerang lawan dalam olahraga bela diri ini.

Ada beberapa teknik serangan dasar yang bisa dipelajari, seperti pukulan depan, pukulan samping, pukulan sangkol (pukulan bandul), dan pukulan lingkar. Selain menguasai teknik gerakannya, Anda juga bisa memperkuat pukulan dengan melakukan latihan kekuatan dan membangun otot lengan.

6. Teknik Tendangan

Teknik Tendangan

Photo :
  • Emodul Kemdikbud

Teknik dasar pencak silat selanjutnya adalah melakukan teknik tendangan. Telapak kaki juga bisa menjadi alat serang yang efektif untuk menghadapi musuh. Anda membutuhkan kekuatan dan kecepatan untuk mempelajari gerakan dasar pencak silat yang satu ini.

Terdapat beberapa teknik serangan kaki dengan cara menendang, seperti tendangan lurus, tendangan tusuk, tendangan jejag, tendangan T, tendangan celorong, tendangan sabit, tendangan belakang, dan variasi lainnya. Dikarenakan gerakan ini cukup berbahaya, sebaiknya selalu pastikan melakukan latihan teknik tendangan bersama dengan pelatih anda.

7. Teknik Tangkisan

Teknik Tangkisan

Photo :
  • Emodul Kemdikbud

Teknis dasar pencak silat lainnya yaitu harus menguasai teknik tangkisan, dalam pencak silat juga tidak hanya soalnya cara menyerang lawan, tapi ada juga teknik untuk bertahan salah satunya menggunakan teknik tangkisan.

Gerakan tangkisan bertujuan untuk menahan atau memindahkan serangan lawan. Tangkisan bisa menggunakan kombinasi gerakan tangan, lengan, siku, dan kaki.

Beberapa teknik tangkisan, seperti tangkisan tepis, tangkisan gedik, tangkisan siku, tangkisan lutut, tangkisan jepit, dan tangkisan potong bisa dilakukan bersama rekan atau pelatih yang melakukan serangan pada anda.

8. Teknik Guntingan

Teknik Gunting

Photo :
  • Emodul Kemdikbud

Teknik dasar pencak silat lainnya yaitu teknik guntingan, teknik ini untuk menjatuhkan lawan dengan menjepit kedua kaki pada sasaran, seperti leher, pinggang atau kaki sampai lawan terjatuh.

Guntingan terdiri dari guntingan luar dan guntingan dalam. Teknik sangat membutuhkan kecepatan dan keakuratan gerakan kaki. Pemula disarankan untuk berlatih teknik ini bersama ahli untuk menghindari risiko cedera.

9. Teknik kuncian

Kuncian brutal Charles Oliveira ke Tony Ferguson di UFC 256

Photo :
  • Daily Mail

Teknik dasar pencak silat selanjutnya teknik kuncian merupakan teknik dasar dalam bela diri pencak silat untuk mengunci, menguasai, dan membuat lawan tidak berdaya. Anda bisa menggunakan kombinasi tangan, kaki, atau anggota badan lain untuk melakukan kuncian.

Kuncian umumnya melibatkan beberapa gerakan dasar, yakni hindaran dan tangkapan untuk mengincar bagian tubuh lawan, seperti pergelangan tangan, lengan, leher, dan bahu.

10. Teknik Berbaring

Teknik Berbaring

Photo :
  • Emodul Kemdikbud

Teknik dasar pencak silat terakhir yaitu teknik berbaring, saat dalam kondisi terpojok atau terjepit, teknik berbaring bisa menjadi salah satu teknik pertahanan.

Sikap miring dilakukan dengan memiringkan tubuh sambil menekuk tungkai kaki hingga mendekati dada. Pandangan harus lurus, sedangkan kaki lainnya digunakan untuk menopang badan. Salah satu siku tangan yang berada di permukaan lantai dan tangan lainnya digunakan untuk menopang paha.

Sikap telentang dilakukan dengan posisi tiduran telentang sambil menekuk satu tungkai kaki, sementara kaki lainnya diluruskan. Salah satu tangan berada di tanah dengan membengkokkan siku dan tangan lainnya bersiap di dada.

Sikap telungkup dilakukan dengan menelungkupkan badan, pandangan lurus, dan sigap. Kedua kaki diluruskan, sedangkan kedua tangan menyentuh lantai sambil

Itu 10 teknik dasar pencak silat yang bisa dilatih untuk pemula, pencak silat juga memiliki risiko cedera yang cukup tinggi, jika anda ingin berlatih pencak silat ada baiknya anda harus mendatangkan pelatih yang profesional, dan jika anda mengalami cedera alangkah baiknya harus ditangani oleh dokter yang ahli dalam bidangnya.

Tim pencak silat seni beregu Indonesia di SEA Games 2021

6 Perguruan Pencak Silat Indonesia Tersebar di Dunia, Ada Muhammadiyah

Pencak silat, seni bela diri warisan budaya Indonesia, telah mendunia. Keindahan gerakannya yang menawan dan filosofi yang terkandung di dalamnya menarik perhatian orang.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024