HUT ke-71, Perbasi Bakti Sosial Merenovasi Lapangan Basket Mantan Sekolah Derrick Michael

Perbasi meresmikan lapangan basket SMPN 74 Rawamangun
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA Sport – Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) merayakan hari jadinya yang ke-71 dengan cara berbeda. Mereka melakukan perayaan di sekolah tempat Derrick Michael Xzavierro pernah menuntut ilmu.

Timnas Basket U-18 Putri Indonesia Kalah dari China, Sosok Ini Jadi Sorotan

Ya, seremoni tersebut dilakukan di SMPN 74 Rawamangun, Jakarta Timur. Perbasi juga melakukan bakti sosial dengan merenovasi lapangan basket di sekolah tersebut.

Renovasi yang dilakukan PP Perbasi adalah melakukan pengecatan dasar lapangan, dengan cat puffin. Kemudian mengganti ring basket dengan standar internasional. Memasang jaring-jaring di atas tembok keliling lapangan agar bola tidak menyeberang ke luar sekolahan.

Tembus Final, AirOne Targetkan Juara AKJ Cup 2024

"Ini bagian dari langkah Perbasi dalam menghargai prestasi pemain yang harumkan nama bangsa. Kami pilih SMPN 74 Rawamangun karena Derrick memang pernah belajar di sini dan sekolah ini ikut berkontribusi mengasah kemampuan bermain basket Derrick saat bermain bersama teman sekolahnya kala itu," ujar Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih, saat ditemui di SMPN 74 Rawamangun, Selasa 8 November 2022.

Ditambahkan Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi, dipilihnya lapangan di area sekolahan memiliki banyak tujuan. Salah satunya, lapangan ini bisa dipakai semua siswa untuk menyalurkan bakatnya bermain basket. 

Timnas Indonesia Batal Naturalisasi Joey Suk, Kenapa?

"Semua siswa bisa mengikuti jalan Derrick dengan menyalurkan dan mengasah kemampuannya di lapangan ini. Derrick bisa menjadi inspirasi semua siswa bahwa jika bakat ditekuni dengan serius bisa membawa ke level lebih baik," tutur Nirmala.

Seperti diketahui, Derrick menjadi bagian dari Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam dan Piala Asia Basket 2022. Dia tampil cemerlang di dua ajang tersebut.

Pemuda 19 tahun itu turut menjadi bagian ketika Timnas Indonesia meraih medali emas cabang olahraga basket 5x5 di SEA Games 2021 Vietnam. Dia juga tampil apik membela tim Merah Putih selama Piala Asia Basket 2022.

Penampilan eksplosif itu juga yang memuluskan langkahnya menjadi bagian dari skuad Grand Canyon University Amerika Serikat. Dengan bermain di Divisi I NCAA, papan atas kompetisi basket level universitas di AS, bakal semakin dekatkan  pemain bertinggi 2,08 meter itu dengan NBA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya