Lebih dari 2 Ribu Santri Kumpul di Solo, Siap Tampil di Pospenas IX

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka nyalakan obor Pospenas
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka nyalakan obor Pospenas
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Sport – Sebanyak 2.867 santri dari berbagai daerah di Indonesia bakal berkumpul di Solo untuk mengikuti Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) IX Tahun 2022 pada 23-27 November 2022. Selain untuk bertanding, kehadiran ribuan santri dari Aceh sampai Papua barat itu juga menjadi ajang silaturahmi para santri.

Penyelenggaraan Pospenas IX yang diselenggarakan di Kota Solo ditandai dengan kirab obor yang diberangkatkan dari Mrapen, Grobogan hingga ke Solo. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka turut berlari membawa obor dari Stadion Sriwedari menuju halaman Balai Kota Solo, Selasa, 22 November 2022

Ribuan pelajar tampak memadati di sepanjang rute jalan yang dilalui kirab obor Pospenas. Mereka pun berteriak-teriak memberikan semangat kepada putra sulung Presiden Jokowi yang berlari membawa obor di bawah panas terik matahari.

Sesampainya di halaman Balai Kota Solo, Gibran yang membawa obor itu langsung menyalakan ke kaldron. Obor tersebut akan disemayamkan terlebih dahulu selama semalam di balai kota, setelah itu akan dibawa ke Stadion Manahan Solo untuk acara pembukaan Pospenas yang digelar pada Rabu malam, 23 November 2022.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontre) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Waryono Abdul Ghafur mengatakan Pospenas digelar sebahai ajang silaturahmi dan mengasah prestasi para santri. Total peserta yang mengikuti pertandingan olahraga dan seni itu mencapai 2.867 santri yang berasal dari 34 Pronvinsi di Indonesia.

“Yang jelas seluruh provinsi mengirimkan atlet-atletnya. Mereka yang mengikuti kegiatan Pospenas merupakan santri asli. Tidak hanya santri putra tetapi juga santri putri akan mengikuti Pospenas,” kata dia di Solo, Selasa, 22 November 2022.