Pemprov Sumut Beberkan Target Penyelesaian Stadion Utama PON 2024

Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra

VIVA Sport – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara Sumut mendorong percepatan pembangunan stadion utama sport centre. Upaya percepatan ini dilakukan agar stadion ini bisa rampung sebelum Pekan Olahraga Nasional 2024 Aceh-Sumut diselenggarakan.

Detik-detik Marhan Harahap Meninggal usai Diseret Petugas saat Akan ke Masjid

Pemprov Sumut terus berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk mendorong percepatan pembangunan stadion utama sport centre. Saat ini, Pemprov Sumut, Kementerian PUPR dan pihak terkait sedang mempercepat penyelesaian masalah administrasi.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk dokumen administrasi hampir seluruhnya sudah selesai, saat ini tinggal AMDAL dan itu pun sedang berproses, kita ingin ini sesegera mungkin selesai sehingga sebelum PON stadion kita sudah rampung,” sebut Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Kadispora) Sumut Baharuddin Siagian, Sabtu 4 Februari 2023.

Marhan Harahap Dihadang Hingga Meninggal, Jokowi Minta Aparat Keamanan Bertindak Humanis

Sesuai dengan timeline Kementrian PUPR, penyelesaian dokumen seperti Final Business Case (FBC) Perjanjian Kerja Sama (PKS), dokumen transaksi dan perjanjian serta dokumen lainnya selesai di awal Maret. Kemudian pengerjaan dimulai September 2023 dengan waktu 12 bulan, tetapi Pemprov Sumut mendorong agar penyelesaian pembangunan lebih awal.

“September terlalu dekat dengan pembukaan PON. PON dibuka 8 September, stadion kita juga targetnya September, kita harus bekerja lebih keras karena itu kita koordinasi dengan Kementerian PUPR agar bisa mempercepat ini, tetapi juga tertib administrasi,” kata Baharuddin Siagian.

Jokowi Prihatin Sekaligus Berduka atas Insiden yang Menimpa Marhan Harahap di Sumut

Direktur Pelaksana Pembiayaan Infrastruktur Permukiman Kementerian PUPR Meike Kencanawulan Martawidjaja mengatakan semua pihak telah bekerja keras untuk merampungkan stadion utama Sport Centre Sumut. Walau begitu, dia tidak ingin ada kesalahan administrasi dalam proyek pembangunan stadion ini.

“Kita semua ingin stadion kebanggaan Sumut ini cepat selesai, semua bekerja keras untuk menyelesaikan stadion utama Sumut, tetapi tentu harus sesuai dengan administrasi yang berlaku, kita semua berupaya untuk menyelesaikannya lebih cepat dari target,” kata Meike saat rapat.

Sebelumnya, Kementerian PUPR dan Pemprov Sumut juga sudah melakukan Konsultasi Publik Studi Pendahuluan Proyek KPBU Stadion Utama Pemprov Sumut di tempat dan hari yang sama. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya