UCI Track Nations Cup 2023, Jakarta International Velodrome Dipuji

UCI Track Nations Cup 2023
Sumber :
  • Dok. Komite Olimpiade Indonesia

VIVA Sport – UCI Track Nations Cup 2023 dilangsungkan di Jakarta International Velodrome pada 23-26 Februari 2023. Ajang ini merupakan salah satu ajang kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23

Lebih dari 500 pembalap dari 41 negara turut ambil bagian pada UCI Track Nations Cup 2023. Sebagai tuan rumah, Indonesia sudah sangat siap memberikan fasilitas terbaik.

Lintasan Jakarta International Velodrome sudah mendapat acungan jempol dari para pembalap dunia yang datang. Dukungan penuh juga diterima oleh panitia pelaksana.

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

UCI Track Nations Cup 2023

Photo :
  • Dok. Komite Olimpiade Indonesia

"Sampai saat ini, Pemprov DKI mendukung penuh dengan menurunkan SKPD-nya sebanyak 12, dan dua BUMD yang menunjang acara ini," kata Ketua Panpel UCI Track Nations Cup 2023, Novian Herbowo.

Apa Jadinya Jika Timnas Indonesia U-23 Ketemu Israel di Olimpiade 2024?

"Kita tahu bahwa Velodrome merupakan venue track terbaik di dunia, sehingga Pemprov DKI turut membantu membesarkan nama Jakarta, juga Indonesia," imbuhnya.

Sekretaris Jenderal PB ISSI, Parama Nugroho mengucapkan terima kasih kepada pihak yang mendukung terselenggaranya ajang ini. Karena ini jadi sejarah dalam balap sepeda Indonesia.

"Ini jadi sejarah baru, karena selain jadi tuan rumah kejuaraan dunia, kita juga punya talenta yang banyak. Semoga ke depan kita lolos ke Olimpiade 2024 dan Olimpiade 2028," tutur Parama.

Ada 16 pembalap sepeda Indonesia yang terdaftar dalam ajang UCI Track Nations Cup 2023. 14 di antarnya akan turun, sedangkan dua lagi cadangan.

UCI Head of Track, Gilles Peruzzi memberi pujian untuk Velodrome yang kualitasnya bagus. Pihaknya amat membutuhkan rekan untuk mengadakan kejuaraan seperti ini.

"Saya sudah ke sini pada Desember 2022, dan tempatnya bagus. Ini adalah ajang kualifikasi pertama track di Indonesia. Saya senang, dan membutuhkan partner seperti NOC Indonesia agar bisa menyelenggarakan seperti ini," ujarnya.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh UCI. Indonesia tercatat sebagai negara Asia Tenggara yang bisa menjadi tuan rumah kejuaraan dunia balap sepeda.

"Terima kasih atas kepercayaan UCI yang telah memberi kesempatan bagi Indonesia menjadi tuan rumah UCI Track Nations Cup untuk pertama kalinya," kata Oktohari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya