2 Kategori Dilombakan di Tour of Kemala, Diramaikan 150 UMKM Banyuwangi

Konferensi pers Tour of Kemala Banyuwangi
Sumber :
  • VIVA/Luzman Rifqi Karami

Jakarta – Ajang balap sepeda Tour of Kemala 2023 bakal digelar di Banyuwangi pada 7-8 Oktober 2023. Mengusung tema berkarya untuk negeri, ajang ini juga menggandeng 150 UMKM lokal di Banyuwangi.

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) sangat antusias dengan kegiatan ini. Apalagi, event sebelumnya yang digelar pada 2022 di Belitung berlangsung sukses.

"Awal mulai Tour of Kemala dari PB ISSI ingin punya kegiatan yang berkesinambungan ajang pencarian bakat balap sepeda. Event ini disambut baik yayasan Kemala Bhayangkari. Di tahun lalu, ada event di Belitung. Saya rasa efek ya luar biasa. Tahun ini kita hadir kembali. Secara kompetisi bisa menumbuhkan bakat-bakat baru," kata Sekjen PB ISSI, Parama Nugroho saat konferensi pers di Gedung Bhayangkari, Jakarta, 21 Agustus 2023.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Konferensi pers Tour of Kemala Banyuwangi

Photo :
  • VIVA/Luzman Rifqi Karami

Ada dua kategori yang dilombakan di Tour of Kemala 2023. Yakni kategori Race sejauh 128 Km untuk peserta profesional nasional dan internasional di hari pertama. Serta Tour 55 Km yang dapat diikuti peserta non profesional di hari kedua.

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

"Rute untuk profesional sejahu 128 Km. Ada juga rute 55 Km yang bisa diikuti anggota Bhayangkari. Rute yang menantang komplek persawahan di Banyuwangi yang indah daya tarik peserta," ujar Pratomo Setyadi, Race Director Tour of Kemala 2023.

"Untuk rute yang 55 km dibelokkan tidak sampai kawah Ijen. Kita akan memperhitungkan pengalaman dari teman-teman agar enjoyable. Yang penting bisa diperhitungkan dengan selamat," jelasnya.

Gandeng UMKM Lokal
Mengusung tema berkarya untuk negeri, Tour of Kemala juga mempromosikan pariwisata di Banyuwangi. Ada 150 UMKM lokal yang meramaikan.

"Kami memilih Banyuwangi karena secara lokasi atletnya pusat perhatian untuk bersepeda. Sebagai bagian Tour of Kemala mengusung tema mengangkat wisata Banyuwangi salah satu hal yang perlu diangkat dengan alamnya, keragaman di Banyuwangi. Dari sisi trasnportasi Banyuwangi lebih mudah dijangkau," ungkap Erni Agung, Koordinator Lapangan Tour of Kemala.

Konferensi pers Tour of Kemala Banyuwangi

Photo :
  • VIVA/Luzman Rifqi Karami

"UMKM lokal ada 150 akan kami libatkan. Kami membantu menjual produk-produk UMKM, kuliner ada Botok Tawon dan lain-lain," jelasnya.

Bank Artha Graha Internasional (BAGI) sebagai salah satu sponsor utama dalam ajang ini, senantiasa berkomitmen untuk ikut serta membangkitkan gairah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) setempat maupun mengangkat potensi pariwisata lokal. 

“Bank Artha Graha  Internasional  berkontribusi dalam event Tour of Kemala, karena memiliki spirit yang sama. Yaitu sama-sama memiliki tujuan untuk bisa menghidupkan geliat ekonomi, melalui sektor UMKM-nya. Selain itu, menjadi ajang promosi sektor pariwisata di Banyuwangi. Kita eksplore keindahan alam Indonesia dengan bersepeda, dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip ecotourism” Terang Elvin Halim selaku Corporate Secretary Bank Artha Graha Internasional.

Manargetkan seribu peserta, pra kegiatan Tour of Kemala Banyuwangi juga digelar di empat kota yakni Karawang (11 Juni), Karanganyar (29 Juli), Gresik (6 Agustus), dan Lampung (10 September).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya