Kejuaraan Tarkam Kemenpora Gorontalo Utara: Merekatkan Masyarakat Lewat Olahraga

Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2023 Gorontalo Utara
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA – Sebanyak 2500 orang meramaikan pembukaan Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2023 Kabupaten Gorontalo Utara di halaman Kantor Bupati, Rabu 20 September 2023.

Menpora Lobi Pemerintah Jepang Agar Justin Hubner Dilepas ke Timnas Indonesia U-23

Upacara pembukaan diawali dengan senam SKJ bersama. Kemudian dilanjutkan dengan iring-iringan deffile 11 kontingen dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Gorontalo Utara.

Acara pembukaan juga dimeriahkan oleh parade marching band dan dikuti oleh ketua kontingen, official, atlet dan anak didik sekolah. 

Bukan Jadi Penyanyi Dangdut, Cita-cita Jirayut Ternyata Mendambakan Pekerjaan Ini

Kejuaraan Tarkam di Kabupaten Gorontalo Utara sendiri akan diselenggarakan dari tanggal 20 hingga 22 September 2023, dengan mempertandingkan cabang olahraga wajib lari sprint, dan cabang olahraga pilihan bola voli dan tenis meja.

Adapun peserta pada Kejuaraan ini diikuti oleh 11 Kecamatan 704 peserta yg terdiri dari 3 cabang olahraga yakni Atletik 397 peserta, voli 202 peserta dan tenis meja 105 peserta.

Kembali ke Indonesia, Tim Thomas Cup dan Uber Cup Disambut Hangat PBSI dan Menpora

Pada sambutannya Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu  berharap agar melalui Kejuaraan Tarkam dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berolahraga dan munculnya bibit-bibit baru olahragawan di Kabupaten Gorontalo Utara

Pada kesempatan ini juga turut dihadiri dari pemerhati olahraga yakni Hamzah Sidik yang juga ketua DPRD kabupaten Gorintalo Utara. 

Dalam sambutannya, ia mengucapkan terimakasih atas kepercayaanya sebagai tuan rumah kejuaraan tarkam 2023 dan menjadi pembibitan atlet dan allent scouting sehingga pembinaan atlet yang berkelanjutan. 

Diharapkan melalui kejuaraan menjadi sarana pemersatu bangsa dan ajang pembugaran masyarakat.

Adapun perwakilan Menpora Dito Ariotedjo yang hadir pada acara pembukaan ini adalah Staf Ahli Bidang Hubungan Pusat dan Daerah Dwijayanto Sarosa Putera.

Dalam sambutannya, dia menyampaikan pesan Menpora bahwa Kejuaraan Tarkam bermanfaar dari segala aspek.

"Menpora berpesan Kejuaraan Tarkam Ini harus menjadi sarana rekreasi, membuat warga guyub rukun dan sekaligus membangkitkan ekonomi masyarakat di sekitar venue," ucap. Dwi.

Lebih lanjut, Dwi mengatakan bahwa Olahraga merupakan bagian penting dalam kehidupan. Tidak hanya meningkatkan kondisi fisik dan keterampilan gerak saja, namun olahraga juga sebagai pendidikan karakter, disiplin, bekerja keras, pantang menyerah dan memupuk jiwa sportifivitas, serta tali persaudaraan.

"Karena dalam kompetisi menang dan kalah itu biasa. Semoga Kejuaraan Antarkampung Kemenpora 2023 ini menjadi ajang untuk merekatkan masyarakat agar menjadi lebih guyub melalui kegiatan olahraga," kata. Dwijayanto.

"Selain itu, kita juga berharap Kejuaraan Tarkam Kemenpora ini menjadi sarana menjaring potensi-potensi olahraga daerah," sambungnya.

Lebih lanjut, Dwi juga mengungkapkan bahwa Kejuaraan Tarkam ini merupakan wujud dari Kemenpora dan Menpora Dito melaksanakan pesan Presiden Jokowi agar olahraga bisa menyentuh masyarakat di lapisan terbawah yaitu desa dan kampung.

"Salah satu pesan dari Presiden RI, Kemenpora dengan olahraganya agar bisa menyentuh masyarakat di lapisan terbawah yaitu desa dan kampung, serta dapat menjalankan talent scouting secara simultan untuk menemukan bibit-bibit atlit potensial dari daerah,"ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya