Kesejahteraan Pelatih Perlu Diperhatikan

Jadi Setiadi raih medali perunggu angkat besi ASIAN GAMES XVI
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Tidak semua orang yang berprofesi sebagai pelatih memiliki kehidupan yang layak. Masih banyak pelatih yang hanya mengandalkan kehidupan rumah tangganya sebagai pelatih atlet nasional.

"Saya berharap, semua cabang olahraga yang atletnya meraih prestasi puncak di even internasional mendapat perlakuan sama, baik dalam hal pembinaan, dan penghargaan," kata mantan atlet nasional angkat besi, Lukman.

Menurut Lukman yang kini berprofesi sebagai pelatih angkat besi, saat menjadi atlet banyak pujian datang. Namun, setelah menjadi mantan atlet, keadaan berbanding terbalik.

Bahkan, penghargaan yang diterima hanya seperempat dari yang diterima atlet. Padahal yang menjadikan atlet dan mampu meraih prestasi optimal adalah seorang pelatih. Paradigma semacam itu harus dirubah dalam hal pemberian penghargaan pada pelatih dan atlet.

"Harapan kami pada pihak swasta seperti Yayasan Olahragawan Indonesia (YOI) dapat memberikan bantuan pada mantan atlet dan pelatih yang menangani sejak dari dasar," tambah Lukman.

Lukman menambahkan, YOI telah memberikan bantuan berupa biaya pengobatan di Rumah Sakit, beasiswa pendidikan bagi putra-putri atlet, dan pembinaan usaha maupun yang lainnya yang bermanfaat untuk jangka panjang.

Adapun atlet yang ditangani Lukman dan mampu meraih sukses juara dunia tahun 2009 dan 2010 adalah Eko Yuli Irawan dan Triyatno. Bahkan diusianya yang masih junior kedua lifter nasional itu juga menyuguhkan medali emas di SEA Games XXIV Thailand tahun 2007 dan di Laos tahun 2009. Begitu juga saat Eko dan Tiryatno turun di Olimpiade Beijing tahun 2008 mampu mengukir medali perunggu pertama kali bagi kontingen Merah-Putih. Prestasi semacam itu sudah seharusnya juga diberikan perhatian pada atlet dan pelatihnya.

Beda dengan Sule, Ekspresi Wajah Keluarga Mahalini Saat Prosesi Tarik Bakak Ayam Jadi Sorotan
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Kampanye Ganjar-Mahfud di GBK

Ahok: Yang Mau Mimpin Jakarta Harus Bisa Buktikan Hartanya Dari Mana

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, atau yang akrab disapa sebagai Ahok, ternyata punya pandangan sendiri, seperti apa pemimpin Jakarta, yang seharusnya.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024