JK: SEA Games Mau Sukses? Izin Komodo Dulu

Kunjungan Jusuf Kalla ke Pulau Komodo
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVAnews - Duta Komodo Indonesia, Jusuf Kalla, sempat protes ketika obor SEA GamesĀ  tidak punya agenda untuk mampir ke Pulau Komodo. Namun, mantan Wakil Presiden Indonesia itu akhirnya senang karena obor SEA Games jadi mampir ke pulau di wilayah Nusa Tenggara Timur tersebut.

Obor SEA Games memang pada awalnya tak dijadwalkan mampir ke Pulau Komodo. Hanya kota-kota besar yang disinggahi seperti Jakarta, Makassar, Palembang, Jayapura, dan lain sebagainya. Namun, rencana ini berubah setelah JK mengajukan protes.

"Dia (SEA Games) punya ikon, maskotnya kan Komodo. Ya, saya kira mesti ke sini dulu dong. Minta izin. Masa pakai lambangnya tapi tidak dikasih tahu komodonya," kata JK di sela-sela kunjungannya ke pulau Komodo, Rabu, 26 Oktober 2011.

Obor SEA Games sendiri mulai keliling Indonesia sejak 23 Oktober lalu. Setelah hari ini mengunjungi Pulau Komodo, obor itu akan melanjutkan perjalanannya ke Kupang.

Kota terakhir yang dituju obor SEA Games adalah Palembang pada 11 November mendatang. Kedatangan obor itu sekaligus menandakan dimulainya ajang olahraga SEA Games.

Saat kunjungan ke Pulau Komodo tadi, JK juga menerima sertifikat finalis New 7 Wonders of nature dari Presiden New 7 Wonders Foundation, Bernard Weber. Seperti diketahui, Pulau Komodo kini sedang berlomba-lomba dengan 27 saingannya untuk menjadi tujuh keajaiban baru dunia.

"Sertifikat, untuk mengatakan ini sudah final. Jadi, ada 440 yang melamar sebagai keajaiban dunia dari 220 negara. Indonesia mengusulkan tiga, Pulau komodo, danau Toba, dan Krakatau. Kemudian diperiksa tim ahli. Tim ahli itu ketuanya, Profesor Weber. Dia bekas Direktur UNESCO."

"Dipilih jadi 77. Dari angka itu dipilih lagi jadi 28. Jadi, pulau Komodo sudah memenuhi segala syarat tinggal dipilih terbaik dari yang terbaik jadi tujuh," jelas mantan Ketua Umum Partai Golkar tersebut.

JK optimistis Pulau Komodo bisa terpilih sebagai tujuh keajaiban baru dunia. "Terakhir jumlah dukungan ada 36 juta. Kira-kira butuh 30 juta lagilah," katanya.

Pengumuman pemenang sendiri rencananya akan dilakukan pada 11 November mendatang. (adi)

5 Destinasi Menakjubkan di Bali yang Bakal Dikunjungi Delegasi World Water Forum
Gedung KPK (Foto Ilustrasi)

Kasus Korupsi Gubernur Abdul Gani Kasuba, KPK Cegah Eks Ketua DPD Gerindra Malut ke Luar Negeri

Status Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba sudah ditetapkan KPK sebagai tersangka.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024