Moria Manalu Sabet Emas Wushu Sanshou 60 Kg

Winning Moment SEA Games XXVI new
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Indonesia kembali menambah pundi-pundi emasnya di cabang olahraga Wushu SEA Games XXVI. Moria Manalu yang turun di nomor Sanshou putri 60 kg berhasil menyabet satu medali emas, setelah di final berhasil menyingkirkan atlet Malaysia, Pei Pin Tang dengan skor 2-0.

Moria yang tampil ngotot sejak awal ronde langsung terlihat mendominasi jalannya pertandingan. Pada ronde 1, atlet yang mengenal beladiri sejak SMP ini beberapa kali mendaratkan pukulan telaknya ke wajah Pei Pin Tang. Moria menutup kemenangan di ronde 2 setelah dua pukulan telaknya masuk dan membuat lawannya tersungkur.

Bagi Moria, kemenangan yang didapatnya tersebut menjadi medali emas pertamanya di ajang SEA Games. Pada ajang SEA Games sebelumnya di Laos, putri pasangan Swandi Manalu dan Olide Aritonang tersebut hanya meraih medali perak.

"Ini emas pertama saya di SEA Games. Kemarin saya hanya dapat perak. Saya bisa tampil maksimal tak lepas dari dukungan penonton. Indonesia menjadi tuan rumah, saya sendiri merasa lebih percaya diri dan termotivasi," ujar Moria usai pertandingan, Senin 21 November 2011.

Gadis kelahiran 30 September 1987 yang mengaku sempat ikut-ikutan tawuran saat duduk di bangku sekolah tersebut mengatakan, medali yang diraihnya saat ini tak lepas dari dukungan keluarganya. Meski turun di nomor 60 kg yang bukan spesialisasinya, namun mahasiswi semester 5 UNJ Jakarta tersebut mengaku lebih baik dan lebih percaya diri.

"Biasanya saya turun di kelas 56 kg. Tapi, kali ini di kelas 60 kg. Saya kira justru saya makin percaya diri. Melawan atlet Malaysia tadi baru kali ini. Tapi, saya bersyukur bisa menang mudah. Ini rencana Tuhan yang saya tak bisa lukiskan," ujarnya.

Dengan kemenangan Moria tersebut, Indonesia telah mengumpulkan 7 emas, 2 perak dan 1 perunggu dari cabang wushu. Sebelumnya, di nomor Duilian putra, wakil Indonesia, Aldy Lukman/Johannes Bie yang mampu meraih emas di nomor perorangan, gagal menambah emas beregu.

Aldy/Johanes hanya mampu menempati urutan 5 dengan perolehan nilai 9,69. Medali emas nomor Duilian putra cabang Wushu akhirnya diraih tim Myanmar, Kwan Zin The/Wai Phyo Aung yang memperoleh nilai 9,73. Sedangkan medali perak dan perunggu disabet tim Filipina dan Singapura.

Gabung Prabowo-Gibran Sebagai Pilihan Baik, Surya Paloh: Ini Pilihan Saya, Pilihan Nasdem
Xiaomi, Redmi Pad Pro 2024

Xiaomi Redmi Pad Pro Dirilis Global, Intip Spesifikasi dan Harganya

Redmi Pad Pro menawarkan layar besar 12,1 inci dengan refresh rate 120Hz, performa tangguh dari Snapdragon 7s Gen 2, dan baterai 10.000 mAh yang tahan lama hingga berjam.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024