Kontroversial, Wasit Olimpiade Dipulangkan

Satoshi Shimizu (kanan)
Sumber :
  • japantoday.com

VIVAnews - Salah seorang wasit yang bertugas pada cabang olahraga tinju harus meninggalkan Olimpiade London 2012. Ishanguly Meretnyyazov, asal Turkmenistan dipulangkan setelah petinju asal Jepang, Satoshi Shimizu memenangkan banding yang diajukannya.

Shimizu merupakan petinju yang merasa dirugikan karena dinyatakan kalah dalam duel kelas bantam melawan petinju Azerbaijan, Magomed Abdulhamidov, Rabu, 1 Agustus 2012. Shimizu tak habis pikir karena dalam duel itu dia mampu lawannya hingga 6 kali.

Tak puas dengan keputusan wasit, Shimizu lalu melayangkan banding ke Asosiasi Tinju Amatir Dunia (AIBA) dan berhasil memenangkannya. AIBA setelah menyaksikan rekaman pertandingan menyatakan duel itu dimenangkan Shimizu dengan status RSC (referee stop contest).

Seperti dilansir guardian.co.uk, langkah AIBA ternyata tak hanya sampai di situ saja. Mereka juga memutuskan untuk memulangkan wasit yang memimpin duel itu, yang tak lain adalah Meretnyyazov. AIBA juga menskors wasit asal Jerman, Frank Scharmach selama lima hari karena mendiskualifikasi petinju kelas berat asal Iran. Selanjutnya AIBA juga memulangkan pejabat teknik asal Azerbaijan, Aghajan Abiyev

"Saya sangat menyesal harus mengambil keputusan-keputusan ini," kata Presiden AIBA, Ck Wu. "Meski demikian, kami harus tetap fokus untuk menjaga integritas dan semangat fair play dari kejuaraan kami. Saya akan menempuh semua kemungkinan untuk memperkuat ini." (adi)

Acara Met Gala Berlangsung, Pengunjuk Rasa Pro-Palestina Penuhi Jalanan New York
Pianis Muda Indonesia, Jonathan Kuo

Jonathan Kuo, Pianis Muda Indonesia yang Kembali Memukau di Panggung Musik Klasik

Peningkatan kemampuan Jonathan Kuo juga tidak luput dari pengakuan mentornya, Iswargia R Sudarno, yang melihat potensi besar sebagai seorang pianis solois.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024