Membludak, Peserta SEAP Masters 2014 Dibatasi

Ilustrasi lomba renang
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVAnews - Sekitar 350 perenang mengikuti South East Asia Pacific (SEAP) Masters Swimming Competition 2014 di Aquadragons Swimming Pool Jakarta International School (JIS), Minggu 1 Juni 2014. Diharapkan ajang seperti ini bisa semakin memasyarakatkan olahraga renang.

Wisnu Wardhana, selaku ketua INA Masters yang menjadi penyelenggara kejuaraan, mengatakan antusiasme peserta untuk mengikuti SEAP Masters Swimming Competition 2014 sangat tinggi. Bahkan, pihaknya sampai harus membatasi jumlah peserta.

"Peserta ada sekitar 300 sampai 350, usia dari 25 sampai 75 tahun. Ini kali pertama kompetisi Masters digelar di Indoensia. Harusnya ada 500 perenang, tapi kami batasi di 350, karena kami ingin kualitas pertandingan ini lebih baik," ujar Wisnu.

Peserta kompetisi banyak datang dari Singapura, Korea Selatan dan Australia. Wisnu mengatakan, dengan tingginya minat peserta, bukan tidak mungkin kejuaraan serupa akan digelar di luar Jakarta.

"Di Indonesia sementara hanya di Jakarta, karena melihat dari fasilitas juga. Tapi, kemungkinan di tempat lain kami juga bisa adakan, mungkin di Palembang dan Yogyakarta. Kami juga ingin mengundang Masters perenang atau yang ingin belajar renang. Kita harus kembangkan potensi renang di Indonesia," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI), Sandiaga Uno, mengatakan pihaknya sangat mendukung kejuaraan ini. Dengan semakin banyaknya ajang seperti SEAP Masters Swimming Competition 2014, maka olahraga renang akan semakin merakyat.

Perlu Terobosan Baru untuk Angkat Prestasi Indonesia

"Saya sangat antusias sekali, PRSI mendukung terhadap acara ini. Saya rasa ini kegiatan yang pertama dan perlu terus kita dorong. Dari kegiatan ini bisa memunculkan komunitas-komunitas renang baru, dan menimbulkan pemikiran bagi rakyat Indonesia untuk memotivasi hidup sehat," ujar Sandiaga.

"Ini baru kali pertama dilaksanankan, dan kalau sukses, rencananya akan semakin sering diadakan. Acara seperti ini juga diharapkan bisa dilaksanakan di kota lain, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur," sambungnya.

Masters Swimming merupakan kelompok spesial dalam cabang renang yang pertama dipopulerkan di Amerika Serikat pada 1970an. Para pegiat swimming master berasal dari berbagai latar belakang dan berusia 25 tahun ke atas. International Aquatic Masters (INAMasters) merupakan komunitas Masters Swimming pertama di Indonesia. (one)

Atlet Indonesia Torehkan Rekor di APG 2015
Yapnas Charity Golf Tournament 2013

GGI 2015: Ajang Pertarungan Pegolf Muda

Turnamen golf GGI 2015 akan dihelat pada akhir pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
11 Desember 2015