MotoGP Mau Dijual, Segini Harganya

Pertamina Enduro VR46 Racing Team saat sesi tes MotoGP 2024 di Qatar
Sumber :
  • instagram.com/vr46racingteam

Jakarta – Saham kepemilikan MotoGP bakal dijual. Sampai sekarang negosiasi masih terjalin. Harga yang ditetapkan oleh pemilik sekarang sangat tinggi.

Siap Tinggalkan Ducati, Pramac Racing Mulai Negosiasi dengan Yamaha

Sky Sports melaporkan, Bridgepoint yang menjadi salah satu pemilik saham MotoGP sedang berupaya untuk melakukan penjualan. Mereka mencari pembeli secepat mungkin, sekira pekan ini.

Bridgepoint memiliki saham sekira 40 persen. Jumlah itu sedikit lebih kecil dari Badan Investasi Rencana Pensiun Kanada (CPPIB). Manajemen Dorna Sports selaku operator juga memiliki saham.

IHSG Dibayangi Koreksi Wajar, Intip Rekomendasi Saham Jelang Akhir Pekan

Bridgepoint membeli MotoGP dari CVC Capital Partners pada 2006. Uang dari penjualan itu dialihkan CVC Capital Partners untuk membeli saham kepemilikan Formula 1.

F1 kemudian dijual lagi ke Liberty Media pada 2017 dengan nilai mencapai 8 miliar euro atau setara dengan Rp139 triliun.

Jadwal Lengkap Sprint Race dan Balapan MotoGP Spanyol 2024, Akhir Pekan Ini

Carmelo Ezpeleta

Photo :
  • motogp.com

Liberty Media kini jadi calon pembeli saham MotoGP. Mereka ditawarkan oleh Bridgepoint untuk membeli dengan hargar Rp58,1 triliun. Angka itu bisa saja naik, karena ada pesaing lain yang mau mengajukan tawaran.

Chief Executive Officer (CEO) Dorna, Carmelo Ezpeleta mengatakan penjualan saham MotoGP selalu terbuka setiap tahun. Alasannya pemilik sekarang adalah badan investasi.

"Pemegang saham mayoritas Dorna adalah dana investasi, yang membeli sesuatu untuk kemudian dijual lagi," kata Ezpeleta, dikutip dari Marca.

"Kami selalu dijuak sejak hari pertama. Kami telah bersama Bridgepoint sejak 2004 dan CPPIB sejak 2013. Selalu ada pendekatan," imbuhnya.

Ezpeleta mengatakan situasi ini takkan memberi dampak kepada penyelenggaraan MotoGP 2024 yang akan dimulai di Qatar pada akhir pekan ini. "Kami sama seperti biasanya."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya