Peringkat 3 Dunia Jadi Tumbal Wild Card Musuh Bebuyutan Kevin/Marcus

Kevin/Marcus dan Kamura/Sonoda di final Hong Kong Terbuka 2018.
Sumber :
  • BWF

VIVA – Federasi Bulutangkis Dunia telah merilis daftar ranking terbaru dan nama-nama pebulutangkis yang lolos ke final Tur BWF 2018 di Guangzhou, China, 12 Desember 2018.

Penghancur Praveen/Melati Juara German Open 2022, China Hancur Lebur

Di kategori ganda putra dari daftar yang diterbitkan BWF, Jumat 30 November 2018, nama Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon masih kokoh di ranking 1 Tur BWF dan lolos paling duluan dari 7 pasangan lainnya.

Di final nanti, Indonesia bakal diperkuat dua waki, selain Kevin/Marcus, juga ada Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Juara dunia 2013 dan 2015 ini lolos ke final Tur BWF setelah mampu mempertahankan rankingnya di peringkat 6.

Tragis, Penghancur Raja Bulutangkis Gagal Juara German Open 2022

Selain Indonesia, ada dua negara lain yang juga memiliki dua wakil, yaitu China dan Taiwan. Kalau berkaca dari ranking terbaru Tur BWF, sebenarnya hanya ada satu pasangan China yang masuk ranking 8 besar.

Seperti diketahui, sesuai aturan yang berlaku, hanya pemegang ranking 8 besar saja yang berhak bertanding di Guangzhou.

Tragis, Raja Bulutangkis Dunia Tersingkir dari German Open 2022

Namun, China mendapatkan satu jatah lagi melalui pasangan Li Junhui/Liu Yuchen. Memang mereka bercokol di ranking 10. Tapi, mereka memiliki tiket khusus alias wild card yang didapatkan dari hasil merebut medali emas di Kejuaraan Dunia 2018.

Dengan hak khusus, musuh bebuyutan Kevin/Marcus itu tak perlu lagi repot-repot menembus ranking 8 besar. Dan yang paling menyakitkan, akibat semua aturan ini, Jepang harus rela kehilangan satu jatah tiket.

Seharusnya Jepang bisa memiliki dua wakil di final, melalui pasangan Hiroyuki Endio/Yuta Watanabe di ranking 7 dan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda di ranking 8. Hanya saja, Takeshi/Keigo menjadi tumbal wild card yang dimiliki Li/Liu.

Berikut 8 ganda putra yang lolos ke final Tur BWF:Daftar 8 ganda putri yang lolos ke final Tur BWF 2018.

Baca: Juara Dunia Putri Cedera, Tiket Final BWF Dilempar ke Pebulutangkis AS

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya