Tenis Pertandingkan 5 Nomor Individu di SEA Games 2019

Wakil Sekjen PP Pelti, Susan Soebakti dalam Technical Delegates SEA Games 2019
Sumber :
  • PP Pelti

VIVA – Tenis telah resmi akan dipertandingkan sebagai salah satu cabang olahraga pada SEA Games 2019 di Filipina. Olahraga yang merupakan cabang Olimpiade itu juga jadi fokus bidikan kontingen Indonesia untuk mendulang medali.

Simpati Andy Murray Buat Naomi Osaka yang Dicemooh Penonton

Meski berstatus sebagai cabang olahraga Olympic Games, perjalanan tenis menjadi bagian dari SEA Games 2019 memang cukup berliku.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Sekjen PP Pelti, Susan Soebakti yang ditunjuk Asian Tennis Feederation (ATF) sebagai Tennis Technical Delegate 30th SEA Games 2019 itu.

Kemenangan ke-400 Rafael Nadal

“Kami gembira, akhirnya tenis tetap menjadi bagian dari cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games 2019. Awalnya tenis tak masuk cabang yang diusulkan oleh tuan rumah Filipina. Baru dalam SEAGF Council Meeting, akhir November lalu, tenis resmi menjadi bagian dari SEA Games 2019,,” ujar Susan Soebakti usai menghadiri 1st Technical Delegates Meeting di Manila.

“Awal pekan ini, kami mendapat kepastian tambahan satu nomor pertandingan. Dari semula hanya empat menjadi lima event yang terdiri dari tunggal dan ganda, baik putra maupun putri serta ganda campuran,” kata Susan yang sebelumnya menjabat Competition Manager Asian Games 2018 itu.

3 Sanksi Badan Tenis Dunia Kepada Rusia

Sebagai venue pertandingan, tenis akan menggunakan lapangan yang sangat bersejarah yaitu enam outdoor hardcourt di Kompleks Olahraga Rizal Memorial yang berada di jantung ibu kota Filipina, Manila.

“Memang bukan stadion baru, namun sudah sangat berpengalaman sebagai tempat penyelenggaraan turnamen internasional,” kata Susan.

“PHISGOC dan Philta (Philippines Tennis Association) berjanji akan melakukan sejumlah renovasi, terutama fasilitas pelengkap pertandingan seperti tribun penonton, players lounge, dan officiating room untuk wasit dan petugas lapangan serta ruang media di arena tersebut,” katanya.

Pesta olahraga kawasan Asia Tenggara yang ke-30 tersebut akan menggelar kompetisi untuk 56 cabang olahraga, di mana jumlah cabang olahraga itu merupakan yang terbanyak dalam sejarah penyelenggaraan multievent dua tahunan tersebut.

“Kami berterimakasih atas segenap dukungan yang dari beberapa negara peserta, termasuk Indonesia melalui KOI dan Pelti, sehingga tenis tetap menjadi bagian dari cabang olahraga yang dipertandingkan dalam SEA Games 2019 di Filipina” kata dia memaparkan.

Profil Cabang Olahraga Tenis pada SEA Games 2019:

Technical Delegate : Susan Soebakti (Indonesia)
Competition Manager : Chris Cuarto (Filipina)
Venue : Rizal Memorial Tennis Center Manila
Technical Meeting : 30 November 2019
Competition Time : 1-7 Desember 2019
Number of Event : 5 (tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran). (baw)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya