Perbedaan Suhu Ekstrim di SEA Games Kamboja Jadi Sorotan Timnas Bulutangkis Indonesia

Timnas bulu tangkis Indonesia menjalani sesi latihan perdana di SEA Games 2023
Sumber :
  • Antara

VIVA Sport - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky mengatakan bahwa faktor perbedaan suhu ekstrim di Phnom Penh menjadi perhatian serius bagi timnas bulu tangkis Indonesia yang diturunkan dalam SEA Games 2023 Kamboja, Sabtu 6 Mei 2023.

Erick Thohir: Generasi Emas Sepakbola Indonesia Telah Lahir

Menurut Rionny, cuaca yang sangat terik di luar namun sejuk di dalam arena pertandingan bisa mempengaruhi daya tahan tubuh dan stamina atlet selama berada di Phnom Penh.

"Anak-anak harus membiasakan diri ya dengan cuaca di sini. Di luar kan panas sekali, lalu masuk ke ruangan sejuk. Ini mereka harus jaga kondisinya. Begitu juga konsentrasi dan fokus harus bagus," ujar Rionny dalam keterangan resmi PP PBSI.

Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Semakin Moncer

Kondisi tersebut mulai terasa signifikan saat Skuad Garuda menjalani sesi latihan perdana di Venue Badminton Hall Morodok Techo. Timnas bulu tangkis Indonesia menjajal tiga lapangan sekaligus pada sesi tersebut.

Rionny mengaku cukup puas dengan hasil latihan. Poin di pergerakan hingga kontrol bola sudah dilalui dengan baik, termasuk kondisi para atlet yang semuanya sehat dan tidak ada cedera.

Apresiasi kepada Tim Thomas Cup dan Uber Cup Indonesia yang Pantang Menyerah

"Kalau secara teknis, adaptasi dengan shuttlecock saja harus lebih lagi karena shuttlecock-nya kencang," tutur Rionny.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Rionny Mainaky

Photo :
  • fox sports asia

Kualitas Penyelenggaraan Tuai Pujian

Sehubungan dengan pelaksanaan SEA Games tahun ini, PBSI turut memuji kualitas penyelenggaraan acara yang dinilai sangat baik mulai dari arena pertandingan, akomodasi, hingga aspek pendukung lainnya.

Meski secara keseluruhan dikatakan belum siap, tapi Rionny menyoroti arena dan perkampungan atlet yang ternyata tidak mengecewakan.

Badminton Hall di Morodok Techo terbilang cukup bagus walaupun luasannya agak kecil. Tapi dari angin, lampu, dan karpet lapangan semua normal, kata Rionny.

"Begitu juga di perkampungan atlet. Mereka menyiapkan shuttle bus menuju venue walau jaraknya dekat. Ini sangat membantu kami karena kami tidak perlu jalan kaki di cuaca panas terik. Belum lagi alat-alat gym yang modern. Walau disebut belum siap tapi ini tidak mengecewakan," Rionny menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya