51 Peserta Raih Super Tiket di Audisi PB Djarum, Melaju ke Tahap Karantina

Audisi PB Djarum
Sumber :
  • Istimewa

Kudus – Sebanyak 51 pebulutangkis belia berhasil meraih Super Tiket dan melaju ke tahap karantina Audisi Umum PB Djarum 2023. Jumlah tersebut terdiri dari 12 peraih Super Tiket dari babak turnamen dan 39 peserta Super Tiket pilihan Tim Pencari Bakat. 

Ganas, Indonesia Hajar Inggris 5-0 di Thomas Cup

Perjuangan belum berakhir, karena mereka masih harus menjalani tahap karantina selama empat minggu hingga akhirnya mendapatkan Djarum Beasiswa Bulutangkis dari Bakti Olahraga Djarum Foundation dan bergabung dengan klub PB Djarum.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation yang juga Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin mengapresiasi capaian para pebulutangkis belia yang datang dari Aceh hingga Papua, karena telah mengerahkan seluruh kemampuan terbaiknya selama lima hari rangkaian Audisi Umum, Minggu 2 hingga Kamis 6 Juli. 

Menjadi Saksi Perjuangan Tim Bulutangkis Indonesia Rebut Kembali Piala Thomas dan Uber 2024

Ia berharap agar semangat dan daya juang peraih Super Tiket tidak berhenti di sini, karena masih ada satu tahap penentuan yang harus mereka jalani sebaik mungkin, yakni karantina.

“Selamat kepada peraih Super Tiket, baik dari babak turnamen maupun pilihan Tim Pencari Bakat. Namun jangan berpuas diri terlebih dulu, karena ada tahap karantina yang harus dilalui secara maksimal dan sungguh-sungguh, sebelum dinyatakan resmi bergabung dengan PB Djarum. Jadi tetap semangat dan tunjukkan potensi terbaik kalian,” ujar Yoppy usai pengumuman atlet penerima Super Tiket Audisi Umum PB Djarum 2023 di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah, Kamis 6 Juli.

Uber Cup 2024: Indonesia Gilas Hong Kong 5-0 di Laga Perdana

Audisi PB Djarum

Photo :
  • Istimewa

Ketua Tim Pencari Bakat Audisi Umum PB Djarum, Sigit Budiarto mengatakan peraih Super Tiket babak turnamen ialah peserta baik putra maupun putri U-11 dan U-13 yang berhasil menorehkan kemenangan pada tahap turnamen di hari terakhir. Untuk kategori putra, ialah mereka yang berhasil menjadi semifinalis, sedangkan di sektor putri adalah yang melaju ke babak final turnamen. 

Sementara untuk peraih Super Tiket pilihan Tim Pencari Bakat ialah pebulutangkis belia yang belum berhasil menang, namun memiliki potensi dan kriteria yang telah ditentukan oleh PB Djarum.

“Jadi untuk peraih Super Tiket babak turnamen di sektor putra terdapat delapan peserta dan sektor putri empat peserta. Sementara pilihan Tim Pencari Bakat adalah para atlet yang menurut kacamata kami mempunyai bakat dan teknik mumpuni sesuai dengan kriteria penilaian kami. Kami berharap peraih Super Tiket merupakan bibit-bibit unggul yang memiliki kualitas super yang diharapkan bisa bergabung dengan PB Djarum, sehingga bakat dan kemampuan si atlet bisa semakin diasah dan dikembangkan secara maksimal,” ungkap Sigit.

Dikomandoi Sigit Budiarto, Tim Pencari Bakat diisi oleh jajaran pelatih PB Djarum yang dipimpin oleh Fung Permadi sebagai Koordinator Tim Pencari Bakat Atlet Putra dan Yuni Kartika sebagai Koordinator Tim Pencari Bakat Atlet Putri. Selain itu, tak ketinggalan pula sederet legenda bulutangkis Indonesia yang turut serta memantau bakat para peserta Audisi Umum PB Djarum 2023. Di antaranya Liem Swie King, Tontowi Ahmad, Richard Mainaky, Hastomo Arbi, Hariyanto Arbi, Kartono, Eddy Kurniawan, Lius Pongoh, Denny Kantono, Bobby Ertanto, dan Rudy G Haditono.

Salah satu peserta yang sukses meraih Super Tiket dari babak turnamen adalah Fathir Habib Alqyano Tarigan asal Binjai, Sumatera Utara dari kelompok usia U-13 Putra. 

Ia melangkah ke tahap karantina setelah tampil trengginas dan mengalahkan Abdullah Ridho Setiawan Putra di laga pamungkas yang berlangsung sengit. Atlet dari PB Samudera Binjai ini berhasil menghentikan perlawanan peserta dari Palu, Sulawesi Tengah itu lewat pertarungan drama tiga gim dengan skor 16-21, 21-19, 21-10.

"Saya senang bisa lolos ke tahap karantina. Saya juga sudah siap kerja keras mengikuti seluruh program selama karantina agar benar-benar diterima menjadi atlet PB Djarum. Saya juga senang akhirnya dapat memenuhi harapan orangtua untuk berhasil di Audisi Umum ini," kata Fathir.

Sementara itu, salah satu penerima Super Tiket pilihan Tim Pencari Bakat ialah Maila Alfi Rahmah asal Mahakam Ulu, Kalimantan Timur. Meski kalah di turnamen hari pertama Audisi Umum PB Djarum 2023, penampilan peserta dari kelompok U-11 Putri ini berhasil meraih perhatian Tim Pencari Bakat dan melaju ke tahap karantina.

"Saya tidak menyangka mendapatkan Super Tiket, padahal saya kalah saat turnamen. Saya senang dan terharu karena bisa membuat orangtua bangga dengan keberhasilan ini. Semoga saya bisa masuk PB Djarum dan terus berkembang hingga menjadi pebulutangkis yang memenangi banyak kejuaraan internasional," ujar Maila optimistis.

Melalui program Djarum Beasiswa Bulutangkis oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation ini, setiap peserta Audisi Umum yang bergabung dengan PB Djarum tidak dikenakan biaya sepeserpun selama masa pembinaan. PB Djarum memfasilitasi seluruh kebutuhan atlet mulai dari asrama, pemenuhan gizi standar atlet, peralatan hingga perlengkapan bertanding. Para atlet juga diberikan kesempatan mengikuti kejuaraan bulutangkis di dalam dan luar negeri.

Berikut daftar peraih Super Tiket, beserta asal kota:

Super Tiket Babak Turnamen:

U-11 Putri
Nafla Berly Syakira Alhabsy – Tulungagung
Azka Shakila Khansa – Sragen

U-13 Putri
Rizki Candra Putri Ramadhani – Magelang
Nadya Anggraini Putri – Kudus

U-11 Putra
Abel Zennobian Cahya Hairon – Pamekasan 
Gufran Labib Fanani – Sragen 
Naufal Rasyid Adz Dzaki – Banyumas 
Ghathfaan Rizqie Ramadhan Haryanto – Semarang 

U-13 Putra
Muhammad Ridho Nuris – Banyuwangi 
Firdaus Eka Saputra – Surabaya 
Muhammad Ziqrullah – Samarinda 
Fathir Habib Alqyano Tarigan – Binjai 

Super Tiket Pilihan Tim Pencari Bakat:

U-11 Putri
Zora Rizqi Prasetyo – Bantul 
Vanezya Artha Nafasta – Yogyakarta
Danica Khansaa Azarine – Banyuwangi
Casca Azeila Origa – Tulungagung
Annisa Elvina Zahra – Banyumas
Hafizah Hasanah Zahra – Makassar 
Maila Alfi Rahmah – Mahakam Ulu 
Karen Nina Lumoindong – Bekasi 
Aqila Talita Shaki – Kebumen
Glory Patricia Djawa Bele – Denpasar
Gebrielle Faras Calista – Tangerang

U-13 Putri
Leonie Nindy Nareswari – Surakarta 
Putri Rizqi’a Dwi Cahyani – Tabanan 
Suciati Aqueena Ayu – Surakarta 
Aisyah Anindya Rubiyanto – Samarinda 
Angela Margaret Sinyoman – Manado 
Adzra Tsabitah – Demak 
Nikita Yumna Kaisah Wibowo – Banyumas 

U-11 Putra
Daniel Pradipta Zaen – Banyumas
Muhammad Rafa Shirdi – Banyuwangi
Gilbert Rafael Ozora – Samarinda 
Azka Pratama Daud – Gorontalo
Nickneil Manuel Wibawa – Sleman
Gavriel Aldrich Alharon Labatar – Asmat
Muhammad Alif Kaysha – Kudus
Kenneth Kenzho Nugroho – Karanganyar
Aqila Rifky Pramudia – Boyolali
M. Ghifari Radhitya Arrizqi – Palembang
Kevin Gunawan – Palembang
Khalid Hamzani Pratama – Lombok Timur
Abidzar Alghifari – Bandung

U-13 Putra
Mikael Orlando Budiman – Pekalongan
Adhy Hasmoro – Temanggung
Kisha Putra Pratama – Magelang
Abdullah Ridho Setiawan Putra – Palu
Revie Israel Lumoindong – Manado
Muhammad Rasya Adhyazka – Kotawaringin Timur
Michael Jonathan – Ketapang
Benedictus Keefa Frandrico – Tangerang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya