3 Kali Harga BBM Turun, Kapan Transport Turun

Pertamina sudah tiga kali menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) khususnya premium dan solar. Jumlah penurunan cukup besar, dari awalnya Rp 6.000/liter, saat ini menjadi Rp 4.500/liter.

Penurunan ini tidak sekaligus. Namun, berangsur-angsur selama tiga kali sejak akhir tahun 2008 lalu. Masyarakat,  seperti saya berharap dengan penurunan ini akan diikuti oleh penurunan harga-harga, mengingat sepanjang hidup saya, setiap ada kenaikan bahan bakar, juga diikuti oleh kenaikan harga-harga dengan alasan tarif transportasi naik.

Namun apa yang terjadi? Hingga saat ini tarif transportasi tidak ada yang turun. Meski harga BBM sudah 3 kali turun, para pengusaha bersikukuh tidak mau menurunkan tarif trasport. Alasan mereka, bahan bakar hanya bagian kecil dari cost yang dikeluarkan oleh pengusaha.

Ini aneh, mengingat setiap ada kenaikan BBM, pengusaha transportasi langsung menaikkan tarif. Tidak pernah ada alasan bahwa BBM hanya bagian kecil dari cost yang dikeluarkan pengusaha. Mana tangggungjawabmu Organda? Kok tidak konsisten. Harusnya tarif tranbspor juga bisa turun sampai 30 persen. Pengusaha hanya mau untung sendiri. Kalau premium naik, langsung menaikkan tarif. Namun, kalau premium dan solar turun, tidak mau menurunkan tarif. Organda, pengusaha transportasi tak mau keuntungan besarnya berkurang....

Eko Purwanto
Kalisat, Bantul, Yogyakarta
email : ipungkl-81@yahoo.com

Kelanjutan Nasib Hyoyon SNSD, Bomi Apink hingga Im Nayoung Pasca Paspornya Ditahan Imigrasi Bali
Bandara internasional Supadio Pontianak, Kalbar.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menyampaikan Bandara Supadio Pontianak tidak lagi melayani penerbangan Internasional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024