Mulan Jameela

Mulan Jameela.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Shalli Syartiqa

VIVA.co.id – Melesat sebagai Mulan Kwok berkat tangan dingin Ahmad Dhani. Salah satu dari sedikit penyanyi yang berhasil menggabungkan pop dan dangdut.

Pajang Foto Pemotretan, Kaki Mulan Jameela Jadi Sorotan

Mulan Jameela, atau sebelumnya dikenal dengan Mulan Kwok, adalah salah satu penyanyi paling populer di Indonesia saat ini. Nama aslinya Wulansari. Dia punya bakat sebagai penyanyi sejak kecil. Mengawali kariernya sebagai penyanyi solo, Mulan sempat menerbitkan album solo pertamanya berjudul Kekal (2000). Tapi  album itu gagal di pasaran.

Meski gagal, Mulan tetap bersemangat berkarier dari panggung ke panggung. Dia menjadi  penyanyi kafe di Bandung, dan  bergabung dengan sejumlah grup band seperti Swara Coustic, Dimensi Band dan Bandung All Star.

Mulan Jameela Tak Terima Disebut Perebut Suami Orang?

Popularitasnya mulai menanjak, dan dikenal luas saat terpilih lewat proses seleksi vokalis duo Ratu di awal 2005. Mulan  menggantikan posisi Pinkan Mambo yang baru saja mengundurkan diri.

Debutnya bersama Maia Ahmad di duo Ratu ditandai dengan album bertajuk Ratu & Friends. Album itu laku keras. Karakter suaranya unik, dan mampu menyedot perhatian lewat single Teman Tapi Mesra. Duo Ratu  kembali meraih sukses besar. Nama Mulan pun kian berkibar sebagai penyanyi papan atas Indonesia.  Album duo Ratu terjual lebih dari 400.000 kopi, dan mengukuhkan Ratu menjadi grup wanita paling sukses saat itu.

Mulan Jameela Pamer Video Terbaru, Warganet Ramai

Tahun berikutnya, duo Ratu kembali merilis album No. Satu yang dengan hits populer Lelaki Buaya Darat dan Dear Diary. Seperti album terdahulu, album ini pun sukses terjual hingga 500.000 kopi pada minggu pertama sejak dirilis.

Berselisih

Kemelut melanda  Duo Ratu.  Ahmad Dhani, yang ketika itu berstatus suami Maia memecat manajer  Ratu, Ramona Vitalia. Mulan juga mengeluhkan ketidakadilan dalam pembagian honornya. Hal ini pulalah yang  membuatnya memutuskan hengkang dari duo yang membesarkan namanya itu pada 2007. Sebagai konsekuensinya, ia harus melepas nama Mulan Kwok yang melekat pada dirinya, yang merupakan nama pemberian Maia.

Mulan lantas merilis album solo perdana bertitel Mulan Jameela di tahun 2008 sekaligus mengganti nama panggung. Bernaung di bawah manajemen baru Republik Cinta Manajemen Artist (RCMA) milik Ahmad Dhani, Mulan segera mengeluarkan album.  Single-single di album perdananya seperti Makhluk Tuhan Paling Sexy, Wonder Woman, Bukannya Aku Takut dan Jatuh Cinta Lagi kembali mencetak rekor penjualan fantastis sehingga diganjar platinum oleh EMI.

Aksi panggung dan dandanannya yang unik segera mencuri perhatian massa. Bukan  hanya kemampuan bernyanyi yang mendapat perhatian, Mulan menjadi ikon mode dengan gaya India nan seksi, dan  membuat penggemarnya kian bertambah.

Sejak merilis album solonya yang pertama, namanya semakin tenar. Bukan hanya penikmat musik di Indonesia saja yang mengenal lagu-lagunya. Negara jiran seperti Malaysia, dan Singapura akrab dengan vokal  Mulan. Mulan menjadi satu-satunya solois Indonesia yang dinominasikan pada MTV Asia Awards 2008 di Genting, Malaysia.

Selama bergabung dengan Manajemen Republik Cinta, Mulan juga merilis album kolaborasi. Dalam The Best Of Republik Cinta Artists Vol. 1, Mulan berkolaborasi dengan grup vokal Dewi Dewi membawakan single Sakit Bukan Main yang diluncurkan Agustus 2008. Pada 2009 lalu, Mulan kembali dipasangkan dengan artis pendatang baru, Mitha The Virgin untuk garapan single berjudul Cinta Mati II.

Memasuki 2010, Mulan sedang mengumpulkan materi bagi albumnya yang terbaru. Di sela-sela kegiatan manggungnya, dia mengaku segera menghadirkan album baru.

Dari dunia tarik suara, ibu dua anak ini, juga terjun ke  dunia akting. Film televisi (FTV) perdana yang ia bintangi, Primadona Mencari Surga (2006), dan dia mengaku menemukan keasyikan sendiri. Perannya berlanjut dalam beberapa sinetron dan FTV lainnya seperti  Pasangan Heboh (2007) dan Bodyguard Sang Penyanyi (2007).

Untuk panggung layar lebar, Mulan ikut membintangi film komedi berjudul Maaf Saya Menghamili Istri Anda bersama Ringgo Agus Rahman dan Shanty (2007). Film ini sempat mendapat kecaman karena dinilai berbau SARA yang membuat judulnya diganti.  Peran Mulan  dalam film perdananya menjadikan artis ini masuk  sebagai nominasi Actress/Actor Breaktrough dalam ajang  MTV Indonesia Movie Awards 2007.

Sukses sebagai penyanyi, dan akting, Mulan mencari kesibukan baru di luar dunia keartisan. Dia mulai berniat menjajaki dunia bisnis. Namun karena merasa tidak punya banyak pengalaman berbisnis, Mulan menggandeng bosnya di RCMA, Ahmad Dhani. Keduanya melihat peluang bisnis interior masih terbuka lebar. Oktober 2009, Mulan membuka galeri furniture di bilangan Kemang Jakarta Selatan yang diberi nama HER DESIGN. 

Kisah Asmara

Sejak menjadi seorang pesohor, kehidupan asmara Mulan banyak dicari. Mulan diketahui menikah dalam usia muda dan memiliki dua orang anak,  Tyarani Savitri dan M Rafly Aziz. Namun, mahligai perkawinannya kandas di tengah jalan. Mulan menjadi orang tua tunggal sambil berkarir.

Di tengah kisruh rumah tangga Maia-Dhani, Mulan santer dikabarkan sebagai orang ketiga.Apalagi lepas dari Ratu, Mulan masuk manajemen Dhani membuat kedekatan hubungan keduanya semakin kencang.  Dengan tegas Mulan membantah.Mulan mengaku, setelah menjadi janda ia memang  memiliki kekasih, namun bukan dari kalangan musisi. Hubungan dengan kekasihnya, menurut Mulan atas persetujuan dua anaknya. Walaupun sangat sibuk Mulan berharap dirinya dapat kembali membina rumah tangga baru tahun ini.

Pada tahun 2008, Ahmad Dhani dan Maia Estianty bercerai. Tak lama perceraian mereka,  tabir hubungan Mulan dengan Dhani semakin santer. Banyak orang menyebutkan mereka berdua memiliki hubungan khusus. Bahkan belakangan kabar pernikahannya semakin jelas. Meski pun begitu tidak ada jawaban yang pasti dari kedua pasangan ini. 

Pada tahun 2014, Ahmad Dhani megakui telah menikah siri dengan Mulan Jameela. Pernikahan siri ini dilakukan pada tahun 2009 bersamaan dengab proses persidangan hak asuh Dhani dan Maia. Mereka kini tinggal bersama Mulan dan anak-anaknya.

BIODATA

Nama Lengkap : Raden Terry Tantri Wulansari
Nama Panggilan : Mulan Jameela
Tempat, Tanggal lahir : Garut, 23 Agustus 1979
Pekerjaan : Penyanyi, Pemeran
Akun Media Sosial : Twitter @JameelaOfficial
   
KELUARGA  
Suami : Harry Indra Nugraha (cerai)
: Ahmad Dhani
Anak : Tyarani Savitri
: M Rafly Aziz
: Safeea
Orang Tua : R HE Komar
: Titi Aisyah

KARIER

DISKOGRAFI

Album Solo

  • Kekal (2000)
  • Mulan Jameela (2008)
  • 99 Volume 1 (2013)

Album bersama Ratu

  • Ratu & Friends (2005)
  • No. Satu (2006)

Album Kompilasi

  • The Best Of Republik Cinta Artists Vol. 1 (2008)
  • D'Plong: Sensasi Rock'n'Dut (2009)
  • The Best of Republik Cinta Artists Vol. II (2009)

FILMOGRAFI

Film

  • Maaf Saya Menghamili Istri Anda (2007)

Sinetron

  • Pasangan Heboh (Sinetron, 2007)

FTV

  • Primadona Mencari Surga (2006)
  • Bodyguard Sang Penyanyi (2007)
  • Penyanyi Yang Difitnah (2007)
  • Habis Manis Suami Dibuang (2007)
  • Serumah Tapi Musuh (2007)

PENGHARGAAN

  • Double Platinum untuk album Ratu and Friends, RollingStone Editor's Choice for Category  The Drama Queen dari Majalah RollingStone Indonesia (2006)
  • Platinum untuk album No Satu (2006)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya