Detik-detik Mortir Gagal Ditembakkan dan Meledak di Tempat

Tentara memasang mortir.
Sumber :
  • Instagram top_mixx.

VIVA – Seorang tentara biasanya dibekali dengan berbagai kemampuan. Karena memang salah satu fungsi mereka untuk melindungi negara dari serangan musuh. Untuk itu, tentara harus piawai dalam segala hal. Termasuk dalam mengoperasikan senjata.

Rheinmetall akan Kirim Lebih dari 100.000 Peluru Mortir ke Spanyol

Selain dibekali dengan kemampuan fisik, tentara juga harus bisa mengoperasikan berbagai senjata untuk menghadapi kemungkinan berperang. Beberapa senjata tersebut di antaranya pistol, senapan, bom, granat, sampai dengan mortir.

Kamu tahu mortir? Ya, mortir merupakan  senjata artileri yang diisi dari depan, dan menembakkan peluru dengan kecepatan yang rendah, jarak jangkauan yang dekat, dan dengan perjalanan peluru yang tinggi lengkungan parabolnya. Sifatnya bertolak belakang sekali dengan meriam yang pelurunya bergerak dengan kecepatan tinggi, jarak jangkau yang jauh, dan lengkungan yang lebih rendah.

Polisi Amankan 7 orang Terkait Ledakan Mortir di Bangkalan

Sesaat setelah mortir meledak.

Meski mortir ditembakkan dengan kecepatan yang rendah, tetapi tetap saja berbahaya. Siapapun yang berada di sekelilingnya, pasti akan terkena dampak ledakan dari mortir ini. Tapi, bagaimana jadinya jika sebuah mortir gagal ditembakkan dan meledak di tempat? Wah, pasti bakal bikin kalang kabut orang yang ada di sekitarnya, ya.

Mortir yang Meledak di Bangkalan Ternyata Berasal dari Dasar Selat Madura

Ya, peristiwa tersebut juga dialami oleh salah seorang tentara. Dalam sebuah video Instagram yang diunggah oleh akun top_mixx, memperlihatkan pemandangan yang sangat menegangkan tapi juga lucu bagi yang menontonnya.

Awalnya seorang tentara terlihat sedang memasang mortir. Sepertinya ia mengalami kesulitan saat memasangnya. Sadar sebentar lagi mortirnya akan meledak, ia akhirnya melepaskan mortir tersebut dan pontang-panting menyelamatkan diri. Akhirnya, mortir tersebut pun meledak di tempat.

Menegangkan tapi juga lucu, ya. Video berdurasi 35 detik ini telah ditonton lebih dari 1,2 juta kali dan mendapat ratusan komentar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya