Geger Video Pembajakan Kapal Feri Batam-Singapura, Ini Kata TNI

Viral pembajakan kapal dan pelaku ditembak
Sumber :
  • Tangkapan layar YouTube

VIVA – Video aksi pembajakan sebuah Kapal Feri rute Batam-Singapura viral di laman berbagi video Youtube. Dari tayangan video tersebut seorang pelaku pembajakan kapal Feri ditembak oleh anggota TNI karena berusaha melawan dan aksi pembajakan dapat digagalkan.

Sri Mulyani Buka Suara soal Harga Sepatu Rp 10 Juta Kena Pajak Rp 31 Juta

Tayangan tersebut, memang cukup menegangkan. Tapi rupanya, aksi tersebut hanyalah sebuah simulasi untuk keperluan latihan para prajurit TNI Angakat Laut.

Kepala Dinas Penerangan Koarmada I, Letkol Laut (P) Fajar Tri Rohadi menjelaskan bahwa peristiwa tersebut hanya sebuah latihan. Kegiatan latihan tersebut dilakukan pada hari Kamis 12 Oktober 2020 dan salah satu akun di media sosial Youtube baru menguploadnya pada hari ini.

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

"Itu simulasi latihan itu mas. Latihannya rutin persiapan pengamanan. seperti pengamanan di akhir tahun. juga menjaga kemampuan prajurit, kesiapan seluruh prajurit untuk menghadapi kejadian-kejadian seperti itu," kata Fajar saat dihubungi VIVA, Minggu malam 15 Oktober 2020.

Baca juga: BBM Premium Dihapus Awal 2021? Ini Penjelasan Pertamina

Viral Calon Siswa Polres Baubau Bernama Real Madrid, Warganet: Bapaknya Madridista

Sekitar 60 orang personel terlibat dalam latihan tersebut. Jumlah personel tersebut merupakan jumlah gabungan dari seluruh tim yang terlibat mulai dari tim pendukung logistik, tim pendukung latihan, sampai pelaku aksi tersebut.

"Jadi itu sudah dari tim pendukung logistik tim pendukung latihan maupun pelaku latihan itu sendiri. itu latihan sudah dari kemarin, beberapa hari yang lalu. Kalau tidak salah sekitar hari Kamis tanggal 12 November 2020," ujarnya.

Sejumlah alutsista dikerahkan dalam latihan tersebut. Mulai dari kapal angkatan laut yang biasa melakukan patroli keamanan, sampai dengan kapal perang.

"Jadi pada saat latihan itu ada KAL, ada KRI, itu asetnya Lantamal Tanjung Balai Karimun itu," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya