Viral Video WNI Liburan ke Korut, Nyoba Naik MRT Bawah Tanah

Seorang wanita saat sedang menaiki MRT di Ibu Kota Pyongyang, Korea Utara.
Sumber :
  • TikTok @kharismuda

VIVA – Korea Utara (Korut) merupakan negara tertutup dan jarang dikunjungi oleh wisatawan dari Indonesia. Namun, seorang pria dengan akun TikTok @kharismuda, membagikan ceritanya berlibur selama empat hari di negara terisolir tersebut sebelum pandemi COVID-19.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Salah satu videonya yang viral adalah ketika dia mencoba menggunakan salah satu transportasi umum di Ibu Kota Pyongyang, yakni MRT bawah tanah. Dalam videonya, pria asal Indonesia itu mengatakan di Korut ada berbagai transportasi publik seperti bus, tram, dan MRT atau yang biasa disebut Metro oleh masyarakat Pyongyang.

"Lumayan dalem bgt sampe 110m guys," kata @kharismuda saat menaiki eskalator untuk menuju stasiun MRT bawah tanah. Saking jauhnya menuju stasiun, untuk tiba di bawah butuh waktu sampai tiga menit.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Dari videonya terlihat ratusan warga lokal juga menuju ke bawah tanah untuk menggunakan MRT ke berbagai tujuan. Setiba di bawah, terlihat peron MRT bawah tanah di Korut terlihat sangat megah dengan ornamen lampu besar yang menggantung di tengah platform stasiun.

"Mereka udah duluan punya kereta bawah tanah guys! Karena Metro Pyongyang udah beroperasi dari 46 tahun lalu," tulisnya dalam keterangan video.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Terlihat Metro Pyongyang berwarna merah dan hijau terang dengan gerbong besi cukup kokoh dengan kesan zaman dulu (jadul). Sementara itu, di dalam gerbong, suasana cukup gelap dan pengguna MRT kebanyakan saling mengobrol atau bermain handphone seperti masyarakat pada umumnya.

Video ini viral lantaran telah ditonton lebih dari satu juta orang dan mendapatkan lebih dari 100 ribu like. Banyak warganet yang berkomentar karena penasaran dengan suasana kehidupan di Korea Utara yang terkesan tertutup dari dunia luar.

"Vibesnya kayak tahun 70-an gak sih," kata salah satu netizen.

"Negara paling clasic ya korut style nya mode transportasi nya dan fasilitas nya benda-benda elektroniknya juga," ujar warganet lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya