Viral Video Iring-iringan Jokowi Pulang Kampung, Begini Faktanya

Video viral Presiden Jokowi yang disebt pulang kampung ke Solo ternyata hoax
Sumber :
  • Tangkapan layar Tiktok

VIVA –  Muncul video viral iring-iringan rombongan Presiden Joko Widodo yang disebut lagi pulang kampung. Video ini viral di media sosial.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Pihak Istana mengklarifikasi beredarnya video iring-iringan tersebut yang menuduh Presiden Jokowi tengah perjalanan mudik lebaran ke Solo, Jawa Tengah.

Menurut Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, video yang beredar itu tidak benar. Ia bilang yang benar video itu saat Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

"Itu benar rombongan Presiden. Video tersebut saat Presiden kunjungan kerja ke Jawa Timur hari Kamis 6 Mei 2021," ujar Bey dikutip pada Senin, 10 Mei 2021.

Menurut Bey, video itu, adalah perjalanan rombongan Presiden Jokowi dari Lamongan menuju Surabaya untuk meresmikan fasilitas Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo.

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

"Lokasi di video tersebut di daerah Gresik sebelum masuk gerbang tol (GT) Kebomas," ujarnya.

Sebelumnya, viral di media sosial seperti TikTok terkait video iring-iringan rombongan mobil Presiden Jokowi. Dalam video itu diberi caption 'Woi, itu Pak Jokowi bkn pulang kampung atau mudik tapi balik ke asalnya'.

"Ini pulang apa mudik nih kayak begini? Woy pulang apa mudik itu. Itu letter P semua. Woy, udah buka wilayah pulang kampung, RI-1 pulang kampung, woy RI-1 pulang kampung," demikian teriak seorang pria dalam video itu.

Pemerintah sebelumnya melarang mudik mulai 6 Mei 2021 sampai 17 Mei 2021. Tujuan pemerintah memberlakukan larangan mudik agar tidak terjadi klaster penularan COVID-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya