Viral Kisah Pasien Perempuan, Mulut Rahimnya Keluar Nanah

Kisah Pasien Keluarkan Nanah dari Mulut Rahimnya (TikTok/yawano_brother)
Sumber :

VIVA –  Kisah pasien perempuan mengeluarkan nanah dari mulut rahimnya saat operasi kanker serviks viral di media sosial. Sang pasien diduga mengidap penyakit kanker serviks.

Klinik Blastula IVF Siloam Hospitals Lahirkan Program Bayi Tabung ke 300

Kisah pasien viral ini dibagikan oleh seorang tenaga kesehatan (nakes) dalam bentuk video di akun TikTok @yawano_brother, Senin (26/7). 

Belakangan video ini viral hingga Rabu (11/8) telah ditonton 6,9 juta kali. Video ini oleh pengunggah diberi judul "Kisah Pasien Operasi CA Cerviks".

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Dalam unggahan videonya memperlihatkan aktivitas medis di ruang operasi, ada beberapa dokter, nakes, dan tentunya pasien.

Kisah pasien perempuan mengidap kanker serviks ini dijelaskan dalam bentuk tulisan pada video viral tersebut.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Sang pasien adalah seorang perempuan, usia 25 tahun dengan status kawin. Pasien akan dilakukan operasi biopsi rahim dengan dicurigai CA Cerviks.

Kemudian pasien masuk kamar operasi, seperti biasa dipersiapkan berbagai alat operasi, dan mengatur posisi pasien dengan posisi litotomi, yakni semacam posisi mengangkang.

"Ketika dibuka ternyata berbau sangat menyengat. Kemudian dari mulut rahim mengeluarkan nanah cukup banyak sekitar 1 CC," tulis keterangan dalam video tersebut dikutip VIVA, Rabu (11/8).

Operasi selesai, lalu menunggu hasil biopsi beberapa hari ke depan. Hasilnya ternyata pasien positif kanker serviks dan sudah stadium akhir.

Kemudian pasien dirujuk untuk penangan lebih lanjut. "Dengar kabar sekitar 2 tahun kemudian ia dipanggil Tuhan YME. Innalillahi wainnailaihi rojiun. Semoga tenang di sana. amin," tulisnya lagi.

Lalu pengunggah video itu juga memberi informasi bahwa 40 orang wanita Indonesia terdiagnosis kanker serviks (leher rahim) dan 20 orang meninggal karena penyakit tersebut.

Akun ini juga mengingatkan, penyebab kanker serviks paling sering terjadi disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). HPV umumnya terjadi karena sering gonta ganti pasangan.

"Waspada dan belajarlah dari kisah ini," tulis pengunggah video ini.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya