Ceramah Viral UAS: Apakah Orang Mati Bisa Mendengar Kita?

Viral Ceramah UAS: Malam Pertama di Alam Kubur (YouTube/TamanSurga.Net)
Sumber :

VIVA – Video ceramah Ustaz Abdul Somad soal apakah orang mati bisa mendengar orang lain viral di media sosial. 

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel

Video ceramah viral Ustaz Abdul Somad (UAS) ini diunggah oleh berbagai akun channel YouTube. Salah satunya oleh @Mustika Salam, Kamis (2/9).

Dalam unggahan vidoenya itu menayangkan ceramah tunggal Ustaz Abdul Somad dengan judul Apakah orang mati bisa mendengar kita?

Remaja yang Viral Keroyok Pelajar SMP di Makassar Ditangkap, Ada 5 Pelaku Masih Dibawah Umur

Dalam ceramahnya tersebut UAS menjelaskan bahwa orang mati di kuburan bisa mendengar. "Kalau tidak bisa mendengar, untuk apa kita diajarkan ucapkan salam ketika lewat kuburan," jelas UAS.

Ia pun kemudian membaca doa lewat kuburan. Assalaamualaikum ahlad diyaari minal muminiina wal muslimiina wainnaa insyaa Allaahu bikum laahiquuna nasalullaaha lanaa walakumul 'aafiyah."

Viral Pelamar Kerja Wanita Dilecehkan saat Wawancara

Artinya semoga keselamatan terlimpahkan kepada kalian wahai penduduk alam kubur, dari kaum mukminin dan muslimin. Sesungguhnya kami akan menyusul kalian insya Allah. Dan kami meminta Allah untuk kami dan kalian agar diberi keselamatan

"Orang hidup lewat kuburan membaca salam, itu artinya orang mati bisa mendengar," jelas UAS dikutip VIVA, Jumat (3/9).

Adapun dalil lain, menurut UAS, bahwa orang meninggal bisa mendengar adalah hadis yang menjelaskan ketika orang dimasukkan ke liang lahad, dia mendengar suara gesekan sandal orang-orang yang meninggalkannya.

UAS melanjutkan ada tiga hal yang akan menemani orang sampai ke liang lahad. Dua akan meninggalkan pergi, yakni keluarga dan hartanya. Nah, saat keluarganya pulang inilah terdengar suara gesekan sandal mereka makin menjauh.

Sementara hanya 1 yang akan menemani di liang lahad adalah amalnya. Amal baik akan ditemani dengan bentuk makhluk yang baik. Sedangkan yang amalnya buruk saat di dunia, dia akan ditemani dengan makhluk berwujud buruk dan menyeramkan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya