Dipaksa Angkut Muatan Berlebih, Kuda Terkapar Saat Narik Delman

Perkampungan Penarik Delman di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Warganet dibuat geger dengan sebuah unggahan viral di media sosial Instagram yang memperlihatkan kuda putih yang sedang terkapar lemas saat menarik  gerobak delman di bahu jalan pada malam hari.

Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

Postingan viral tersebut diunggah oleh akun Indoflashlight pada Rabu 15 Juni 2022 pada pukul 15.00 WIB dan telah disaksikan sebanyak 26 ribu penonton sejak 1 jam postingan itu diunggah.

Tangkap layar cuplikan video kuda lemas setelah dipaksa bawa muatan seharian

Photo :
  • Instagram/Indoflashlight
Heboh TikTokers Galih Loss Diduga Lecehkan Islam, Tim Siber Polri Langsung Turun Tangan

Menurut informasi pada caption menyebutkan, kuda putih tersebut terjatuh akibat kelelahan karena dipaksakan bekerja mengangkut muatan dari pagi hingga malam hari.

Terlihat kuda ini tergeletak di jalan, diduga kelelahan karena mengangkut muatan hingga malam” tulis keterangan video seperti dilihat VIVA Selasa, 14 Juni 2022

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Masih menurut postingan, lokasi kejadian kuda terjatuh akibat kelelahan ini berlokasi di Jl. Veteran Pringsewu Utara, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

Dalam video berdurasi kurang dari satu menit itu terlihat kuda berwarna putih tengah tergeletak lemas di bahu jalan pada kondisi malam hari, terpantau dalam video juga terlihat beberapa orang tengah berusaha melepaskan ikatan yang menghubungkan antara kuda dengan gerobak delman.

Meski ikatannya sudah terlepas kuda tersebut masih terlihat lemas dan tidak mampu berdiri. tidak ada keterangan lebih lanjut terkait video ini hingga akhir.

Kedepannya kita sama-sama sama berharap agar tidak ada lagi kasus serupa, jangan paksa kuda bekerja berlebihan melampaui kapasitasnya.

Dalam memanfaatkan tenaganya memang tidak ada peraturan khusus yang mengatur terkait ini, namun memastikan kesehatannya tetap terjaga adalah bagian dari tanggung jawab pemilik yang sudah berkomitmen memeliharanya.

Pengunggah video juga menuliskan satu pesan serupa pada unggahannya itu, ia mengimbau kepada pemilik kuda agar jangan hanya mengambil keuntungan dari kuda, tetapi pastikan juga hewan tersebut mendapatkan keuntungan

“Please. Jangan hanya ambil keuntungan dari hewan ini, tapi beri dia keuntungan juga” tulis pengunggah

Sejak artikel ini ditulis, unggahan tersebut telah mendapatkan ratusan komentar dari warganet, warganet menilai agar pemerintah segera membuatkan peraturan untuk hewan peliharaan khususnya untuk hewan-hewan pekerja agar kasus seperti ini tidak terulang.

Segerakanlah buat peraturan semacam UU untuk hewan peliharaan, kasian kalau selalu jadi mesin uang” ungkap warganet

Tolong dong buatkan peraturan tentang kuda” balas warganet lain

Lagi dan lagi, kejadian serupa terus terulang” lanjut warganet

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya